Sabtu, 26 Mei 2018

Mengembangkan Elang Jawa

Oleh: Jallus
Jumat, 11 Mei 2018 05:24
BAGIKAN:
istimewa.
Elang Jawa.
CIBINONG (KICAU): Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan pengembangbiakan elang jawa yang saat ini populasinya hanya tersisa 200 pasang di alam bebas.

"Elang jawa itu banyak terdapat di kawasan Gunung Halimun Salak dan Gede Pangrango, Kabupaten Bogor," kata Staf Humas TSI Kabupaten Bogor Julius Suprihandono, di Cisarua, Kamis 10 Mei 2018.

Menurut dia, perburuan liar juga sebagai salah satu penyebab menurun populasi elang jawa pada habitatnya.

Selain itu, juga disebabkan oleh adanya pembalakan liar pada hutan-hutan yang biasa sebagai tempat berkembang biak dan mencari makan.

Pasalnya burung tersebut termasuk pemakan daging (karnivora), di antaranya anak ayam, tikus hutan, kelinci, dan lain sebagainya.

Namun dengan adanya perburuan liar maupun pembukaan lahan untuk pertanian maupun perumahan, maka dapat ditarik kesimpulan menjadi salah satu penyebab utama menurun populasi burung tersebut.

Oleh sebab itu, TSI melakukan pengembangbiakan secara alami untuk memperbanyak burung elang jawa yang sekarang hampir punah.

Ia menambahkan, dalam perkembangbiakan tersebut dilakukan menggunakan penangkaran yang ada pada kandang.

"Tapi, isi kandang menyesuaikan seperti habitat aslinya dan sistem pemberian makanan sesuai dengan makanan pada umumnya, agar burung tidak mengalami stres," katanya lagi.

Tapi, menurutnya, kebersihan kandang juga harus diperhatikan, agar burung tidak terserang berbagai penyakit yang timbul karena virus.

Julius menjelaskan dalam hal ini sudah harus ada yang mengembangbiakkan agar generasi muda dapat mengetahui dan melihat terkait keberadaan elang jawa.

Selain itu, dapat mempelajari tentang burung tersebut dari makanan, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Pusat Konservasi Elang Jawa

    JAKARTA (KICAU): Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) yang berstandar internasional (IUCN) dalam penerapannya.Berdasarkan data yang diterima Antara di Jakarta,&

  • 9 bulan lalu

    Mengembangkan Sapi di Pasaman Barat

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak petani memelihara ternak sapi sambil berkebun atau bertani."Sinkronisasi antara perkebunan-te

  • 9 bulan lalu

    Mengembangkan Songket Silungkang

    SAWAHLUNTO (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat mencoba memperkenalkan dan mengembangkan songket Silungkang ke seantero nusantara melalui Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017 yang d

  • 10 bulan lalu

    Mengembangkan Kopi Robusta di Aceh Barat Daya

    BLANGPIDIE (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada 2017 kembali menyalurkan ratusan ribu batang bibit kopi Robusta unggul kepada petani dalam upaya menjadikan daerah itu pusat

  • 10 bulan lalu

    Mengembangkan LRT City

    JAKAKARTA (EKSPOSnews): PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) mengembangkan kawasan hunian terpadu berbasis Transit Oriented Development (TOD) LRT City yang mengintegrasikan stasiun LRT Jabodebek dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99