Senin, 20 Nov 2017
  • Home
  • Kicau
  • Mengembangbiakkan Burung Cendrawasih

Mengembangbiakkan Burung Cendrawasih

Oleh: Jallus
Rabu, 08 Nov 2017 17:22
BAGIKAN:
istimewa.
Cendrawasih.
MANOKWARI (KICAU): Dewan Adat Papua mengajak pemerintah Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan program pengembangbiakan burung cenderawasih.

Staf Dewan Adat Edison Baransano di Manokwari, mengatakan burung cenderawasih mengalami ancaman luar biasa sehingga dibutuhkan upaya serius untuk melindungi species tersebut.

"Ancaman tidak hanya datang dari pemburu, tetapi juga dari proses pembangunan yang mengancam habitat mereka," kata dia, Rabu 8 November 2017.

Mengawali program tersebut, ia mengajak pemerintah melaksanakan pemetaan persebaran burung endemik tersebut di seluruh wilayah Papua Barat. Tahapan ini dinilai penting untuk memperkuat basis data keanekaragaman hayati daerah ini.

Menurutnya, saat ini daerah belum memiliki data mengenai jumlah species cenderawasih baik yang masih hidup maupun telah punah.

Dia mengungkapkan, di sejumlah kawasan hutan di Papua Barat menjadi habitat cenderawasi antara lain kawasan hutan lindung Mokwam di Manokwari, Tambrauw, Kaimana, dan Fakfak.

"Meskipun demikian, kami belum tahu sejauh ini masih ada berapa jenis cenderawasih yang masih hidup," katanya.

Menurutnya, perlu ada upaya pengembangbiakan dengan memprioritaskan kawasan yang selama ini menjadi habibat burung tersebut. Pemerintah dapat melibatkan para pakar di perguruan tinggi setempat.

Edi menambahkan, pemerintah pun diminta segera menyusun peraturan daerah tentang perlindungan burung tersebut untuk membatasi penggunaan burung cenderawasih dalam kegiatan pemerintahan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Burung Cendrawasih Diselundupkan ke Medan

    MEDAN (KICAU): Burung langka dan dilindungi pemerintah masih menjadi incaran menarik bagi para penyelundup. Tak terkecuali burung cenrawasih yang dilindungi, coba diseludupkan lewat Bandara Kuala Namu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99