Senin, 11 Des 2017
  • Home
  • Kicau
  • Mengamankan Elak Brontok dari Warga

Mengamankan Elak Brontok dari Warga

Oleh: Beng San
Kamis, 10 Agu 2017 10:46
BAGIKAN:
istimewa
Elang Brontok.
MEDAN (EKSPOSnews): Seekor Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus) yang dilindungi diamankan oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara dari rumah warga di Tanjung Anom, Kabupaten Deli Sedang, Sumatera Utara.

Staf Seksi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan BBKSDA Sumut M Ali Iqbal membenarkan bahwa Elang Brontok yang dipelihara warga itu diamankan melalui pendekatan khusus dan memberikan penjelasan bahwa burung tersebut dilindungi karena terancam punah.

"Informasi kami dapat dari warga. Setelah dicek ke lokasi ternyata benar," ujarnya, Rabu 9 Augustus 2017.

Petugas BBKSDA Sumut mendatangi satu rumah di Jalan Melati, Tanjung Anom, Kabupaten Deli Serdang.

"Kami tanya yang punya rumah. Ternyata elang itu adalah peliharaan orangtuanya," katanya.

Berdasarkan keterangan pemilik rumah, elang itu sebelumnya berjumlah 2 ekor. Seekor lagi mati setelah orangtua pemilik meninggal dunia.

Petugas kemudian memberi penjelasan tentang UU Nomor 5 Tahun 1990 bahwa Elang Brontok termasuk satwa dilindungi dan tidak boleh dipelihara dengan bebas. "Jadi seekor yang masih hidup diserahkan kepada kami dengan sukarela," ujar Iqbal.

Pihak BBKSDA masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi, usia, maupun jenis kelamin elang brontok itu. Meskipun terlihat sehat, sejak kecil elang itu selalu di kandang dan hanya melompat-lompat saat dilepaskan.

"Kami akan bawa ke Sibolangit untuk diperiksa lebih lanjut. Kemungkinan dilatih terbang. Soal usia, berdasarkan keterangan pemiliknya, sekitar 4-5 tahun,"  tutur Iqbal.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99