Jumat, 19 Okt 2018
  • Home
  • Kicau
  • Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Oleh: Jallus
Jumat, 25 Mei 2018 12:34
BAGIKAN:
WA.
Burung.
JAMBI (KICAU): Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi mengamankan 340 ekor burung kolibri yang termasuk ungas dilindungi oleh undang undang.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) BKSDA Jambi Teguh Sriyanto di Jambi,  mengatakan ratusan burung kolibri dan dua ekor burung pelatuk diamankan dari salah satu pengepul burung ilegal yang akan dijual dalam pasar gelap di Pulau Jawa.

Pelaku berinsial SH, diamankan dari kediamannya di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Kamis (24/5) dan dari rumah pelaku diamankan ratusan burung tersebut yang akan dikirim ke Pulau Jawa melalui perdagangan ilegal.

"Kini yang bersangkutan SH sedang menjalani pemeriksaan di Polda Jambi karena kasus tersebut dilimpahkan penyidikannya ke Polda," kata Teguh, Jumat 25 Mei 2018.

Ratusan ekor burung kolibri berbagai jenis itu oleh BKSDA Jambi akan langsung dilepaskanliarkan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dikatakan Teguh Sriyanto, pelepasliaran itu sudah bekerja sama dengan penyidik karena pihaknya tidak ingin satwa dilindungi yang diamankan itu mati sehingga harus segera dilepasliarkan di alam bebas.

Pelepasanliaran itu dilakukan untuk menjaga kelestarian satwa. Dimana ke-340 ekor burung kolibri memiliki peranan penting di alam.

Dari hasil penyelidikan tim BKSDA harga per ekor burung kolibri di Jambi dijual berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu dan selanjutnya, harga tersebut akan meningkat jika dibawa ke pulau Jawa. Untuk di Jawa, per ekor Kokibri dihargai Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Kejati Jambi Tahan 4 Pelaku Korupsi

    JAMBI (EKSPOSnews): Penyidik Kejati Jambi kembali menetapkan dan langsung menahan empat tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi dana pipanisasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun anggaran 2009-

  • satu minggu lalu

    Melepasliarkan Lobster di Jambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Pihak Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi melepas liarkan kembali sebanyak 61.200 ekor benih lobster yang gagal diselundupkan ke Sing

  • 2 minggu lalu

    Festival Kopi di Jambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan jenis kopi yang ada di Jambi memiliki kualitas terbaik sehingga terus dipopulerkan salah satunya melalui Festival Kopi."Provins

  • 2 minggu lalu

    Penyegelan Gereja di Jambi Langgar UUD 45

    KUPANG (EKSPOSnews): Gerakan Kristen Indonesia (Gekira) menyatakan prihatin dengan kasus penyegelan terhadap sejumlah tempat ibadah di Kelurahan Kenali Barat, Alam Barajo, Kota Jambi."Pada dasarnya ka

  • 2 minggu lalu

    Batik Jambi Kian Populer

    JAMBI (EKSPOSnews): Batik Jambi kian poluler dan mendapat respon pasar yang positif dalam berbagai kegiatan pameran berlingkup daerah maupun nasional, kata Ketua Harian Dewan Kerajian Nasional Daerah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99