Sabtu, 18 Agu 2018
  • Home
  • Kicau
  • Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Oleh: Jallus
Jumat, 25 Mei 2018 12:34
BAGIKAN:
WA.
Burung.
JAMBI (KICAU): Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi mengamankan 340 ekor burung kolibri yang termasuk ungas dilindungi oleh undang undang.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) BKSDA Jambi Teguh Sriyanto di Jambi,  mengatakan ratusan burung kolibri dan dua ekor burung pelatuk diamankan dari salah satu pengepul burung ilegal yang akan dijual dalam pasar gelap di Pulau Jawa.

Pelaku berinsial SH, diamankan dari kediamannya di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Kamis (24/5) dan dari rumah pelaku diamankan ratusan burung tersebut yang akan dikirim ke Pulau Jawa melalui perdagangan ilegal.

"Kini yang bersangkutan SH sedang menjalani pemeriksaan di Polda Jambi karena kasus tersebut dilimpahkan penyidikannya ke Polda," kata Teguh, Jumat 25 Mei 2018.

Ratusan ekor burung kolibri berbagai jenis itu oleh BKSDA Jambi akan langsung dilepaskanliarkan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dikatakan Teguh Sriyanto, pelepasliaran itu sudah bekerja sama dengan penyidik karena pihaknya tidak ingin satwa dilindungi yang diamankan itu mati sehingga harus segera dilepasliarkan di alam bebas.

Pelepasanliaran itu dilakukan untuk menjaga kelestarian satwa. Dimana ke-340 ekor burung kolibri memiliki peranan penting di alam.

Dari hasil penyelidikan tim BKSDA harga per ekor burung kolibri di Jambi dijual berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu dan selanjutnya, harga tersebut akan meningkat jika dibawa ke pulau Jawa. Untuk di Jawa, per ekor Kokibri dihargai Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Kejari Jambi Tahan Pelaku Korupsi Insentif Guru Honorer

    JAMBI (EKSPOSnews): Kejaksaan negeri (Kejari) Jambi menahan Hairiya tersangka kasus dugaan korupsi insentif guru honorer pendidikan anak usai dini (Paud) yang merugikan negara Rp1,68 miliar selama dua

  • 2 minggu lalu

    Kejati Jambi Tangkap DPO Mantan Kepala Bank BRI Cabang Sungaipenuh

    JAMBI (EKSPOSnews): Edi Warman, mantan Kepala Bank BRI cabang Sungaipenuh, Jambi jadi daftar pencarian orang (DPO) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi yang ditangkap di Kelurahan Koto Pulai, Kota Padang,

  • 2 minggu lalu

    Polair Polda Jambi Tangkap Penyelundup Anak Lobster

    JAMBI (EKSPOSnews): Anggota Polair Polda Jambi dan BKIPM menggagalkan dan menangkap pelaku penyelundupan 92.845 benih atau anak lobster yang dikonversi senilai Rp14 miliar dari salah satu kapal '

  • 2 minggu lalu

    PTPN Bedah Rumah di Jambi

    JAMBI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI Jambi meluncurkan program bedah rumah warga di Kota Jambi dan Kabupaten Tanjungjabung Barat yang tidak layak huni dalam rangkaian program BUMN Had

  • 2 minggu lalu

    Hubungan Sedarah di Jambi Jadi Perhatian Internasional

    JAMBI (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri (Kejari) Batanghari melalui konferensi pers nya kembali menjelaskan duduk perkara terkait kasus 'inses' atau hubungan seksual sedarah yang terjadi di dae

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99