Minggu, 19 Mei 2019
  • Home
  • Kicau
  • Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Mengamankan Burung Kolibri di Jambi

Oleh: Jallus
Jumat, 25 Mei 2018 12:34
BAGIKAN:
WA.
Burung.
JAMBI (KICAU): Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi mengamankan 340 ekor burung kolibri yang termasuk ungas dilindungi oleh undang undang.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) BKSDA Jambi Teguh Sriyanto di Jambi,  mengatakan ratusan burung kolibri dan dua ekor burung pelatuk diamankan dari salah satu pengepul burung ilegal yang akan dijual dalam pasar gelap di Pulau Jawa.

Pelaku berinsial SH, diamankan dari kediamannya di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Kamis (24/5) dan dari rumah pelaku diamankan ratusan burung tersebut yang akan dikirim ke Pulau Jawa melalui perdagangan ilegal.

"Kini yang bersangkutan SH sedang menjalani pemeriksaan di Polda Jambi karena kasus tersebut dilimpahkan penyidikannya ke Polda," kata Teguh, Jumat 25 Mei 2018.

Ratusan ekor burung kolibri berbagai jenis itu oleh BKSDA Jambi akan langsung dilepaskanliarkan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dikatakan Teguh Sriyanto, pelepasliaran itu sudah bekerja sama dengan penyidik karena pihaknya tidak ingin satwa dilindungi yang diamankan itu mati sehingga harus segera dilepasliarkan di alam bebas.

Pelepasanliaran itu dilakukan untuk menjaga kelestarian satwa. Dimana ke-340 ekor burung kolibri memiliki peranan penting di alam.

Dari hasil penyelidikan tim BKSDA harga per ekor burung kolibri di Jambi dijual berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu dan selanjutnya, harga tersebut akan meningkat jika dibawa ke pulau Jawa. Untuk di Jawa, per ekor Kokibri dihargai Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Kejati Jambi Tahan 3 Pelaku Korupsi Kredit Bank Mandiri

    JAMBI (EKSPOSnews): Jaksa Kejaksaan tinggi (Kejati) Jambi menahan ketiga tersangka dugaan korupsi layanan Kredit Serba Guna Mikro (KSM) 2013-2015 di Bank Mandiri Jambi yang merugikan negara senilai Rp

  • 4 minggu lalu

    Menekan Angka Perceraian di Lingkungan ASN

    JAMBI (EKSPOSnews):  Wakil Wali Kota hJambi, M Maulana mewacanakan keterlibatan psikolog dalam proses mediasi untuk mencegah tingkat perceraian aparatur sipil megara (ASN) di daerah itu."Saya ber

  • 4 minggu lalu

    Jambi Jadi Pintu Penyelundupan Lobster

    JAMBI (EKSPOSnews): Anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tajungjabung Timur (Tanjabtim), Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster sebanyak 246.673 ekor yang dikemas dalam

  • 3 bulan lalu

    BNN Jambi Tangkap KUrir Narkoba di Bandara

    JAMBI (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional (BNN) Jambi menangkap dua orang kurir narkoba jenis sabu seberat 200 gram di Bandara Sultan Thaha Jambi setelah terbang dari Batam, Sabtu malam.Salah seora

  • 3 bulan lalu

    Ikan Patin dari Muarojambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Produksi ikan patin para petani di Kabupaten Muarojambi menduduki urutan teratas dibandingkan dengan hasil budidaya ikan jenis lainnya di daerah itu."Tingkat produksi ikan patin se

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99