Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Kicau
  • Lovebird Tarik Tak Harus Mandi Dan Jemur Setiap Hari

Lovebird Tarik Tak Harus Mandi Dan Jemur Setiap Hari

Selasa, 01 Nov 2016 15:49
BAGIKAN:
Jallus
Lovebird tak harus mandi.

MEDAN (KICAU): Banyak trik dan tips perawatan  yang bisa dilakukan agar  lovebird tarik rajin ngekek di lapangan.Namun yang utama tetap harus memperhatikan karakter dan kemauan masing-masing burung.  Beda burung bisanya maunya juga beda. Namun secara umum, burung berkicau termasuk lovebird harus menjalani perawatan rutin dan konsisten agar tetap sehat dan rajin ngekek saat digantang.

Neno, seorang peternak lovebird dari Mabar Medan, mengatakan, lovebird tarik ternyata tak harus mandi dan jemur setiap hari.  Suasana tenang dan istrahat yang cukup sangat dibutuhkan lovebird tarik.  Tips dan trik seperti ini,  telah diterapkan  Neno pada seekor lovebird panca betina yang diberi nama Atak.  Usianya sekitar satu tahun lebih.
 
Prestasinya memang belum bisa disebut segudang.  Atak mulai mendulang gelar juara dari beberapa lapangan kicau di Medan Utara. Juara I di Saung Ebod Jaya, Tanah 600 Marelan, Pondok Kicau Mabar (PKM), Rumah Kicau Marelan (RKM), Rumah Kicau Veteran (RKV). Minggu 30 Oktober 216, dari Lapangan Kicau Angmor, Brayan Medan, Lovebird Atak masih bisa bertahan di jalur juara dengan merebut juara III di kelas lovebrd hadiah lepas.  Prestasi ini diraih setelah bersaing dengan 40 ekor lebih lovebird tarik.
 
Setelah sukses di breeding lovebird dengan memiliki 15 pasang ternak, empat pasang diantaranya indukan lovebird tarik, sejak bulan Maret 2016,  Neno mulai belajar merawat lovebird tarik.  Atak adalah lovebird tarik pertamanya. Lovebird ini dibeli dari Atak, juga seorang peternak lovebird di Medan Utara. Atak menunjukkan prospek gemilang  setelah dirawat dengan setelan sebagai berikut:

1.    Mandi dan jemur hanya dilakukan pada hari:  Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Dua hari berikutnya (Jumat dan Sabtu),  lovebird harus istrahat dengan kondisi full kerodong agak tebal. Bila perlu gunakan dua  atau tiga lapis kerdonya.  
2.    Penjemuran tidak terlalu kuat. Selesai mandi, cukup diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah semua bulunya, kering burung kembali dikerodong dan istrahat.  
3.    Minggu pagi jika hendak digantan di lapangan kicau, sebelum berangkat dari rumah, burung  tidak perlu dimandikan. Kerodong dibuka, anginkan sekitar 15 menit kemudian burung kembali dikerodong dan siap berangkat ke lapangan. Kalau dimandikan sebelum berangkat ke lapagan, birahinya akan dropp.
4.    Di lapangan,  burung tetap dikerodong hingga tiba kelas yang akan diikutinya. Sebelum gantang, cabut makan dan minumannya.  Lovebird yang sudah terbiasa masuk gantangan, tak butuh adaptasi lagi dengan lokasi.  
5.    Hal terpenting lainnya, adalah dalam pemilihan dan pemberian pakan.  Lovebird Atak sudah terbiasa makan MILTIH produk Ebod Jaya.  Kalau kondisi sedang over birahi, pakannya diganti dengan padi emas tanpa campuran dengan pakan lain.
6.    Minumannya hanya air putih biasa. Tetapi harus airdirebus matang.
 
Di Breeding lovebird, Neno juga  berhasil.  Empat pasang indukan tarik telah berproduksi. Anakannya banyak diminati maniak Lovebird kota Medan. Harga seekor lovebird tarik dari kandang breedingnya hanya Rp350.000. (js)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Embun Pagi Untuk Lovebird Maya dan Finly

    MEDAN (KICAU): Di arena Latberan Johor Kicau, Medan, kira-kira satu mingggu lalu, Fadli Ali, kicau Mania Namorambe, Medan menggantang dua  ekor burung paroh bengkok, Maya dan Finly. Gantang pe

  • 3 tahun lalu

    Centil, Lovebird Pesolek

    MEDAN (KICAU): Faesal Bachy, seorang mahasiswa  keperawatan di Medan. Tinggal di Kota Binjai. Disela-sela  kesibukannya sebagai mahasiswa,  Faesal Bachry lebih sering dipanggil Kiki

  • 3 tahun lalu

    Menstabilkan Birahi Lovebird Tua Agar Gampang Disetel

    MEDAN (KICAU):  Lovebird masih tetap jadi primadona di dunia lomba burung berkicau.  Peminatnya terus bertambah.  Tak hanya di arena kontes dan festival. Di Latberan pun,  konte

  • 3 tahun lalu

    Temuan Adi Aceh, Parkit Baby Sitter Untuk Lovebird Anakan

    MEDAN (KICAU): Adi  Aceh Kumis, dikenal sebagai kicau mania senior. Namanya melambung setelah tiga murai batu andalannya sering moncer di lapangan kicau. MB Tower, Raden dan Sukoy. Dalam artik

  • 3 tahun lalu

    Lala Momok Menakutkan Bagi Kicau Mania Penggemar Lovebird

    MEDAN (KICAU): Bertemakan Gebyar Kemerdekaan RI, Rumah Kicau Marelan (RKM) menggelar festival dan lomba burung berkicau di Pasar IV, Marelan Minggu 14 Agustus 2016.  Dalam festival ini, Skamar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99