Rabu, 22 Nov 2017
  • Home
  • Kicau
  • LB Lovelyn Dan Tanzania Siap Tebar Ancaman

LB Lovelyn Dan Tanzania Siap Tebar Ancaman

Oleh: Janopa Sihotang
Rabu, 22 Mar 2017 12:56
BAGIKAN:
Jallus
Aan Tato dengan dua burung andalannya.
MEDAN (KICAU): Aan Tato, kicau mania pelomba burung sekaligus pemilik toko burung di Jalan Veteran, Marelan terus membuat kejutan. Burung-burung hasil orbitannya, satu persatu merangsek masuk ke tangga juara di kancah perburungan di Sumut. Setelah berhasil mengorbitkan murai batu ekor hitam Scorpio, dan CH KK Scoopy, kini ia punya dua lovebird andalan baru yaitu LB Lovelyn   dan Tanzania.  
 
Tanzania sudah dijajal ke beberapa lomba besar di Medan. Terakhir burung ini ikut gantang dalam gelaran festival burung berkicau Ebod Strong Bird Champion di Lapangan Jasdam I BB, pada 5 Maret lalu.  Bersiang dengan 60 lovebird terah juara, Tanzania berhasil masuk nominasi.  Sebelumnya,  tingkat Latber dan Latpres termasuk di Rumah Kicau Veteran-Ronggolawe, Tanzania selalu masuk dua besar. “Kalau tidak juara 1, juara 2,” kata Aan Tatto.
 
LB Lovelyn memang belum pernah terjun ke lomba besar, namun untuk kelas Latber dan Latpres di Medan Utara,  Lovelyn sudah sering meraih juara 1, 2 dan 3. Di Taman Kicau Angmor, minggu lalu, Tanzania berhasil mangalahkan LB Jurik, peraih double winner di Ebod Strong Bird Champion.
 
Menurut Aan Tatto, kunci sukses kedua burung paroh bengkok ini, terletak pada pola rawatan dan pemilihan pakan yang tepat.  Lovelyn dan Tanzania setiap hari diberi  pakan MILTIH produk Ebod Jaya.  Perawatan lainnya, yang agak berbeda dengan lovebird lain, Lovelyn dan Tanzania memang setiap hari dimandikan, tetapi burung ini  tidak pernah dijemur. 
 
Selain pemilihan pakan yang tepat, kunci sukses mengorbit lovebird menjadi juara,  memahami karakter burung juga sangat dibutuhkan. Khusus pada burung lovebird, birahi menjadi kunci utama.  Jika burung terlalu birahi (over birahi) dan birahi drop, kerja di bawah gantangan akan tidak maksimal. Trik mengenali birahi pada lovebird, perhatikan pada matanya.  Jika matanya sayu itu tandanya burung lovebird sedang over birahi. Jika birahinya stabil, mata akan mblok (terbuka lebar).
 
Tips menstabilkan birahi lovebird ala Aan Tatto,  burung harus dibuat mandi malam dan basah kuyup tiga hari sekali.  Biasanya, jika perawatan seperti ini sudah berlangsung selama dua minggu, perobahan akan tampak pada mata. Mata yang tadinya sayu mulai mblok.  Jika burung sudah dalam kondisi seperti itu, mandi malam harus di stop. Dan rawatan mandi selanjutnya, dikembalikan seperti biasa.  Untuk menjaga birahi tetap stabil, satu hari menjelang lomba, burung tidak perlu dimandikan. Kalau ingin memandikan, sebaiknya seusai lomba. Dengan demikian burung akan kembali stabil. 
 
Lovelyn dan Tanzania lobeird impor asal Thailand. Tetap asal usul, tidak terlalu berpengaruh. Pola rawatan, pemilihan pakan yang tepat, serta pemahaman terhadap karakter burung tetap menjadi kunci utama dalam keberhasilan mengorbit lovebird juara. 

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99