Jumat, 16 Nov 2018

Harga Sarang Burung Walet Turun

Oleh: Jallus
Senin, 10 Sep 2018 10:00
BAGIKAN:
istimewa.
Sarang burung walet.
MUARA TEWEH (KICAU): Harga tiga jenis sarang burung walet di tingkat pembudi daya di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurun sejak Agustus 2018.

"Sarang walet ini diekspor oleh pengumpul atau bos besar. Harga jual sarang walet di tingkat pembudi daya daya turun masing-masing sebesar Rp500.000 per kilogram," kata Muslih, seorang pembudi daya sarang burung walet di Muara Teweh, Senin 10 September 2018.

Menurut dia, harga sarang burung walet untuk jenis mangkuk sebelumnya berkisar Rp14 juta kini turun menjadi antara Rp13 juta hingga Rp13,5 juta, jenis patahan sebelumnya Rp12 juta menjadi Rp11,5 juta, dan jenis sudut turun sebelumnya Rp10,5 juta menjadi Rp10 juta per kilogram.

Turunnya harga sarang burung walet ini berbeda dengan pengumpul yang mengekspor di antaranya untuk bahan makanan sup, informasinya harga naik menyesuaikan kenaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah.

"Kami tidak tahu penyebabnya kenapa harga sarang burung walet sudah sebulan ini turun," kata dia yang mengaku biasa panen sarang burung walet setiap 60 hari.

Dia menyatakan biasanya harga sarang burung walet hanya selisih Rp1 juta dengan harga di luar Kalimantan, sehingga para pembudi daya walet di daerah ini hampir semuanya membudidayakan di gedung atau rumah burung walet, tidak mau repot untuk membawa atau menjual keluar daerah.

Biasanya petani walet di daerah ini melakukan panen pada pagi hari, dan sore hari langsung dijual ke pengumpul.

Ribuan rumah sarang burung walet yang tersebar di sembilan kecamatan, tidak semuanya berproduksi.

"Kami harapkan harga sarang walet ini kembali membaik," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memperoleh penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2018 untuk kategori Business P

  • 3 minggu lalu

    Bio Farma Raih Penghargaan Primaniyarta

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Bio Farma meraih Penghargaan Primaniyarta kategori Pelopor Pasar Baru dari Kementerian Perdagangan yang diterima oleh Direktur Pemasaran Bio Farma Sri Harzi Teteki yang disera

  • satu bulan lalu

    5 Perusahaan dari Indonesia Raih Penghargaan

    SINGAPURA (EKSPOSnews): Lima perusahaan dari Indonesia mendapatkan penghargaan dari Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) atas prestasi yang telah mereka lakukan di berbagai bidang.

  • satu bulan lalu

    Desa Tomok Binaan Pelindo 1 Raih Penghargaan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menerima dua penghargaan TOP CSR 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah TOP Business di The Sultan Hotel Jakarta pada Kamis 4 Oktober 2018, kateg

  • 2 bulan lalu

    Pengusaha Sarang Burung Walet Rajin Bayar Pajak

    SAMPIT (KICAU): Pengusaha sarang burung walet di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, makin rajin membayar pajak daerah sebagai wujud partisipasi mereka membantu pembangunan daerah."Kami sa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99