Minggu, 23 Feb 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Yayasan Jantung Sumut Gelar Festival Senam Jantung Sehat

Yayasan Jantung Sumut Gelar Festival Senam Jantung Sehat

Jumat, 01 Apr 2016 10:56
BAGIKAN:
MEDAN (EKSPOSnews): Erwin Nasution Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara, yang saat ini menjabat sebagai Dirut PTPN IV mengatakan bahwa YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara akan menggelar Festival Senam Jantung Sehat 2016 pada Sabtu 2 April 2016 di lapangan Merdeka Medan.
   
Sampai saat ini sudah ada 35 tim mendaftar kepada panitia Eka Susila,  yaitu berasal dari kota Medan, Binjai, Rantau Prapat, Kisaran, Tebing Tinggi, Simalungun dan Madina, dengan memperlombakan Senam Jantung Sehat, Senam Hip Heart Remaja dan Senam Lompat Tali Jantung Sehat, sebut Erwin Nasution.
   
Dalam implementasi program kerja YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara terus berinovatif untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk merasakan keberadaan organisasi YJI, seperti mengadakan pelatihan pelatih KJS dan Klub Jantung Remaja (KJR) kemudian pelatihan instruktur senam jantung sehat seri III se Provinsi Sumatera Utara, serta pelatihan instruktur senam Hip Heart Remaja untuk siswa/wi SMA dan SMK Negeri se kota Medan.
   
Tidak sampai disitu, YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara juga memberikan pelatihan Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) kepada guru-guru olahraga tingkat SD dan SMP se kota Medan dan sekitarnya. Bahkan untuk melengkapi pengetahuan para pelatih tentang pencegahan atau penanganan akan shock heart attack (henti jantung mendadak), maka dilaksanakan juga pelatihan ToT untuk Bantuan Hidup Dasar (BHD), sebut Syahrul Aman Siregar dari Bidang Pengembangan Organisasi.
   
Dalam setiap pelatihan YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara melalui BPKJ memperioritaskan peserta dengan usia yang lebih muda 35 tahun kebawah bagi umum dan 43 tahun kebawah bagi pelatih/ instruktur senam, untuk menciptakan regenerasi pelatih muda yang mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan semangat tinggi.
   
Pengalaman tahun 2015 yang lalu ketika kontingen YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara mendapatkan kesempatan mewakili Provinsi Sumatera Utara pada perhelatan akbar olahraga nasional bertajuk Festival Olahraga dan Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-III di Denpasar " Bali. Peserta kita menyadari kurangnya pengalaman dalam berkompetisi, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Hal ini sedikit tidak berdampak ketika team akan berlaga karena atsmospher perlombaan yang jarang di alami oleh para anggota team, namun hal tersebut tetap kita ikuti dengan semangat agar kita mendapatkan pengalaman dan kita mengadopsi kegiatan di Bali tersebut sebagai persiapan kita menghadapi Jambore Nasional Klub Jantung Sehat di Yogyakarta bulan Nopember 2016 mendatang.
   
Belajar dari hal tersebut akhirnya kita merasa perlu untuk tahun 2016 ini mencoba melaksanakan sebuah kegiatan yang menjadi evaluasi terhadap latihan anggota KJS dan KJR bersama para pelatih/ instruktur masing-masing. Hal ini juga untuk membiasakan para anggota KJS dan KJR untuk mendapatkan pengalaman berkompetisi dan berani tampil percaya diri dalam ajang Festival Senam Jantung Sehat Tahun 2016. Melalui event ini kita harapkan semua pelatih dan instruktur serta anggota KJS dan KJR bahkan semua lapisan masyarakat akan lebih termotivasi dalam berlatih dan semakin tekun memperdalam keahlian dan pengetahuan akan olahraga Senam Jantung Sehat, Senam Hip Heart Remaja dan Lompat Tali Jantung Sehat.
   
Pelatih Hartati dan Nensi Susanti menyebutkan bahwa YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara telah memiliki Senam Jantung Sehat (SJS) Seri I s/d V untuk bapak/ ibu orang dewasa, Senam Hip Heart untuk remaja SMP, SMA dan Mahasiswa serta Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) untuk tingkat SD dan SMP.
   
Pergelaran Festival Senam Jantung Sehat Tahun 2016 yang akan digelar hari Sabtu (2/4/2016) dilapangan Merdeka Medan sekaligus memberikan gambaran kepada masyarakat luas akan kegiatan lapangan yang ada di YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara serta ketegasan akan keberadaan yang resmi dan jelas, hal ini karena ada segelintir oknum yang mencatut nama, lambang dan produk YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara untuk dipakai dengan alasan komersial semata tanpa adanya koordinasi/ izin dari pengurus yang sah dari YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara.
   
Kami sangat berharap kerjasama dengan pihak pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan serta Kabupaten/ Kota lainnya, terkait gelora dan semangat untuk memasyarakatkan olahraga jantung demi terciptanya masyarakat yang peduli untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah adalah mutlak diperlukan kerjasama yang sinergi dan berkesinambungan dari YJI Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah. Kita ingin sekali olahraga senam Hip Heart Remaja dan Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) menjadi bagian dari olahraga yang dapat di masukkan pada jenis olahraga yang diperkenalkan pada murid SD hingga menengah ke atas.
   
Selamat bertanding bagi seluruh peserta Senam Jantung Sehat, Senam Hip Heart Remaja dan Senam Lompat Tali Jantung Sehat se Provinsi Sumatera Utara. Bertandinglah secara sportif dan kesatria, percayakan seluruh penilaian pada dewan juri yang telah kita tunjuk dan tetapkan. Berikan penampilan yang terbaik sebagai hasil berlatih selama ini dengan tetap menjunjung tinggi silaturahmi, kekompakan, keakraban dan sportivitas yang tinggi sesama anggota Klub Jantung. (ril)

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Kaum Muda Semakin Rentan Terhadap Serangan Jantung

    SEMARANG (EKSPOSnews): Ancaman serangan penyakit jantung terhadap seseorang berusia muda semakin tinggi, kata kardiolog Sunway Medical Centre (Sunmed) Malaysia, Mohd Kamal."Saya memiliki pasien yang m

  • 2 tahun lalu

    Masyarakat Bekasi Rentan Terserang Penyakit Jantung

    BEKASI (EKSPOSnews): Masyarakat di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, rentan terserang penyakit jantung sebagai dampak negatif dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang cenderung tidak teratur."Jumlah p

  • 2 tahun lalu

    Lomba Senam Poco-Poco

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 150 tim senam poco-poco dari seluruh Indonesia bakal memperebutkan Piala Ibu Negara dan Piala Menpora RI pada Lomba Senam Poco-Poco Nusantara Tingkat Nasional di Sport M

  • 3 tahun lalu

    Mahasiswa UI Ciptakan Alat Pengukur Risiko Jantung Koroner dan Diabetes

    DEPOK (EKSPOSnews): Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan Cardium yaitu alat perangkat yang menerapkan teknologi real time saat mengukur risiko kejadian penyakit jantung koroner dan d

  • 3 tahun lalu

    Penyakit Jantung Penyebab Utama Kematian

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Ova Emilia mengatakan hingga saat ini penyakit kardiovaskuler masih menjadi penyakit tidak menular utama penyebab kematian."P

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99