Selasa, 26 Mei 2020

Warga Mukomuko Gunakan Jaminan Kesehatan Gratis

Rabu, 06 Jul 2016 07:07
BAGIKAN:
ist
BPJS Kesehatan
MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sejak Maret 2016 sampai sekarang sebanyak 170 orang warga miskin di daerah itu yang berobat gratis menggunakan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

"Saat ini warga miskin yang menggunakan program jamkesda sebanyak 170 orang, sejak program ini di buka pada Maret 2016," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Mukomuko Khairul Saleh, di Mukomuko, Selasa 5 Juli 2016.

Ia mengatakan, sebanyak 170 orang warga miskin yang berobat menggunakan jamkesda itu berdasarkan klaim penagihan pembayaran jasa pelayanan kesehatan dari sejumlah penyedia pelayanan kesehatan (PPK) yang ditunjuk sebagai pihak PPK jamkesda.

Ia menyebutkan, pihak PPK telah mengajukan klaim penagihan pembayaran jasa pelayanan kesehatan bagi sebanyak 170 orang pasiennya dengan total anggaran sekitar Rp600 juta.

Namun, katanya, pencairan tagihan biaya berobat gratis bagi warga miskin di daerah itu dilakukan secara bertahap sejak bulan puasa sampai setelah lebaran.

"Kami belum bisa mengambilnya sekaligus. Perlunasannya tagihan itu setelah lebaran tahun ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya ada semacam pergeseran nomor rekening jamkesda dalam daftar penggunaan anggaran di instansi itu. Rekening dana jamkesda itu seharusnya kegiatan pengobatan kesehatan lokal.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang menyelesaikan masalah perubahan nama kegiatan pada rekening tertentu. Kemungkinan pencairan pada APBD perubahan.

Pemerintah setempat tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk biaya berobat gratis warga miskin di daerah itu yang menggunakan jamkesda.

Namun program jamkesda itu terbatas beberapa penyedia pelayanan kesehatan (PPK) di daerah itu, yakni RSUD setempat, puskesmas Kecamatan Ipuh, dan puskesmas Kota Mukomuko.(ant)

  Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Warga Mukomuko Siaga Banjir

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Sejumlah warga di Pantai Indah Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, secara swadaya membuat siring pembuangan air untuk mengantisipasi banjir yang berasal dar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99