Sabtu, 21 Apr 2018

Sumut Musnahkan Makanan Ilegal

Oleh: marsot
Minggu, 10 Des 2017 04:40
BAGIKAN:
istimewa.
Badan POM.
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memusnahkan produk makanan dan kosmetika ilegal senilai Rp1,3 miliar yang berhasil disita untuk melindungi konsumen.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan Yulius Sakramento Tarigan di Medan,  mengatakan, pemusnahan produk tanpa izin edar dilakukan sebagai tindakan untuk melindungi masyarakat.

"Dengan pemusnahan, maka masyarakat tidak terpapar dengan produk yang berisiko bagi kesehatan," katanya, Sabtu 9 Desember 2017.

Selain melindungi masyarakat, pemusnahan juga bertujuan menimbulkan efek jera bagi pelaku, pengedar atau produsen, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya waspada dan teliti dalam membeli dan menggunakan berbagai produk.

"Kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi pangan yang aman harus ditingkatkan," katanya.

Sakramento menegaskan, tantangan dewasa ini adalah masalah pangan karena 80 persen penyakit ternyata disebabkan mengonsumsi makanan yang tidak baik.

Beberapa penyakit yang dipicu dari konsumsi makanan yang tidak sehat dan aman, katanya, antara lain penyakit jantung, gagal ginjal, kanker, dan infeksi.

"Berdasarkan penelitian, lebih dari 40 persen jajanan yang dijual di pasar tidak sehat dan tidak aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Sakramento, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri dalam menyosialisasikan pangan aman itu kepada masyarakat terutama yang berada di daerah pelosok.

"Peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi pangan aman harus dilakukan bersama," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    BPN Sumut Akan Daftarkan Ratusan Bidang Tanah

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Pertanahan Nasional atau BPN Sumut akan mendaftarkan 210.000 bidang tanah untuk mendukung reforma agraria yang menjadi agenda strategis nasional yang tercantum dalam Nawacita

  • 6 hari lalu

    Kejati Sumut Limpahkan Kasus Korupsi Rigid Beton

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah melimpahkan berkas perkara 13 tersangka dan barang bukti, dugaan kasus korupsi proyek peningkatan jalan dari hotmix menjadi semen "rigid beton

  • 6 hari lalu

    Bank Sumut Salurkan Dana CSR

    MEDAN (EKSPOSnews): Bank Sumut menyerahkan dana "Corporate Social Responsibility" atau CSR sebesar Rp1,698 miliar untuk Dunia Melayu Dunia Islam dan Roemah Cendikia Tebingtinggi, Sumatera Utara."Untuk

  • satu minggu lalu

    Kejati Sumut Usut Dugaan Korupsi Dana Hibah Gerakan Pramuka di Tapanuli Tengah

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara membentuk tim penyidik untuk mengusut kasus dugaan korupsi pengelolaan dana hibah senilai Rp850 juta pada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tapanuli Te

  • 2 minggu lalu

    KPK Panggil 10 Anggota DPRD Sumut

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil 10 anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap kepada DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99