Rabu, 14 Nov 2018

Sumut Musnahkan Makanan Ilegal

Oleh: marsot
Minggu, 10 Des 2017 04:40
BAGIKAN:
istimewa.
Badan POM.
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memusnahkan produk makanan dan kosmetika ilegal senilai Rp1,3 miliar yang berhasil disita untuk melindungi konsumen.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan Yulius Sakramento Tarigan di Medan,  mengatakan, pemusnahan produk tanpa izin edar dilakukan sebagai tindakan untuk melindungi masyarakat.

"Dengan pemusnahan, maka masyarakat tidak terpapar dengan produk yang berisiko bagi kesehatan," katanya, Sabtu 9 Desember 2017.

Selain melindungi masyarakat, pemusnahan juga bertujuan menimbulkan efek jera bagi pelaku, pengedar atau produsen, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya waspada dan teliti dalam membeli dan menggunakan berbagai produk.

"Kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi pangan yang aman harus ditingkatkan," katanya.

Sakramento menegaskan, tantangan dewasa ini adalah masalah pangan karena 80 persen penyakit ternyata disebabkan mengonsumsi makanan yang tidak baik.

Beberapa penyakit yang dipicu dari konsumsi makanan yang tidak sehat dan aman, katanya, antara lain penyakit jantung, gagal ginjal, kanker, dan infeksi.

"Berdasarkan penelitian, lebih dari 40 persen jajanan yang dijual di pasar tidak sehat dan tidak aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Sakramento, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri dalam menyosialisasikan pangan aman itu kepada masyarakat terutama yang berada di daerah pelosok.

"Peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi pangan aman harus dilakukan bersama," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu jam lalu

    Kejati Sumut Limpahkan Perkara Mantan Bupati Tapanuli Tengah

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah melimpahkan berkas perkara tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah, berinisial ST, dalam kasus dugaan penipuan dan penggelepan proyek senilai

  • 6 hari lalu

    Jalur Pasaman Barat-Sumatera Utara Putus Diterjang Banjir

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Arus transportasi dari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menuju Sumatera Utara terputus akibat banjir mengenangi jalan Kampung Baru Ranah Batahan."Benar, air Sungai B

  • satu minggu lalu

    Satu Tersangka Anggota DPRD Sumut Mengajukan Diri Sebagai Justice Collaborator

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan bahwa salah satu tersangka tindak pidana korupsi suap kepada DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 mengajukan di

  • satu minggu lalu

    Pengembalian Uang Suap DPRD Sumut Sekitar Rp7,65 miliar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pengembalian sekitar Rp7,65 miliar dari sejumlah anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) yang telah ditetapkan sebagai tersangka suap kepa

  • satu minggu lalu

    Kejati Sumut Tangkap Buronan Koruptor Pajak Reklame

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap Alboin Siagian, terpidana kasus korupsi penggelapan uang pajak restoran dan reklame pada Dinas Pendapatan Kabupaten Deli Ser

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99