Rabu, 16 Jan 2019

Sumbar Baru Miliki 4 Dokter Bedah Mulut

Oleh: marsot
Sabtu, 24 Nov 2018 04:28
BAGIKAN:
pixabay.
Dokter gigi.
PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menyatakan dokter ahli bedah mulut dan maksilofasial baru ada empat orang di provinsi itu, dan semuanya berada di Kota Padang.

"Kondisi ini jelas sangat terbatas karena idealnya ada satu ahli bedah mulut di tiap kota atau kabupaten," katanya usai membuka Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) di Padang, Jumat 23 November 2018.

Spesialisasi bedah mulut dan maksilofasial memberikan pelayanan bedah seperti bibir sumbing, trauma akibat kecelakaan, tumor atau tindakan operasi lainnya.

Spesialisasi itu baru ada di Padang karena peralatan medis pendukung juga belum tersedia di kabupaten dan kota lain di Sumbar.

Ia mengatakan saat ini di Sumbar sudah ada dua fakultas kedokteran gigi yaitu di Universitas Andalas dan Universitas Baiturrahmah yang menurutnya jumlah tersebut sudah mencukupi untuk kebutuhan di daerah itu.

"Perizinan untuk membuka fakultas itu cukup rumit. Di samping itu jika lebih banyak lagi nanti lulusannya sulit terserap oleh pemerintah," lanjutnya.

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut drg Harfindo Nismal menambahkan ditargetkan dalam lima tahun ke depan kondisi ideal satu kabupaten dan kota memiliki satu ahli bedah mulut dan maksillofasial dapat tercapai.

"Saat ini jika ada yang butuh penanganan bedah mulut, harus dirujuk ke Padang. Kasihan jika pasien dari lokasi yang jauh dari Padang sementara membutuhkan pertolongan," ujarnya.

Kondisi di Sumbar, menurutnya masih lebih baik jika dibandingkan Bengkulu yang baru memiliki dua ahli bedah mulut atau Sumatera Selatan yang baru terdapat satu ahli bedah mulut.

Ia menerangkan pertemuan ilmiah tahunan ahli bedah mulut yang mengangkat tema "Creating Beautiful Smile Through Multidisciplinary Approach for Oral and Maxillofacial Aesthetics" tersebut adalah pertemuan yang pertama kali dilakukan oleh spesialisasi bedah mulut dan maksillofasial di Padang.

"Ada delapan spesialisasi dalam dokter gigi dan baru bedah mulut yang lakukan pertemuan. Dari kegiatan ini kami berharap peningkatan kemampuan para dokter dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," jelasnya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Layanan Konsultasi Dokter Online Semakin Diminati

    SEMARANG (EKSPOSnews): Layanan Konsultasi Dokter (Konter) secara "online" dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah diminati dengan banyaknya masyarakat yang berkonsultasi."Untuk layanan Konter,

  • 2 bulan lalu

    Kejari Pekanbaru Tahan 3 Dokter

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Pekanbaru menahan tiga oknum dokter Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau serta dua pihak swasta dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi alat-

  • 3 bulan lalu

    Biaya Pendidikan Dokter di Indonesia Mahal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam Muktamar ke-30 tahun 2018 menyoroti sistem pendidikan kedokteran di Indonesia yang masih berbiaya mahal dan lulusan kualitas

  • 7 bulan lalu

    Perlindungan Hukum untuk Dokter

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis mengatakan setiap rumah sakit harus memberikan perlindungan hukum kepada dokter yang dipekerjakannya a

  • 10 bulan lalu

    Dokter Punya Inovasi Kok Dipecat?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mempertanyakan keputusan Ikatan Dokter Indonesia menjatuhkan sanksi kepada Mayor Jenderal TNI dr Terawan Agu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99