Rabu, 12 Des 2018

Seluruh Ikan Kaleng Bercacing Harus Ditarik

Oleh: Jallus
Senin, 02 Apr 2018 17:15
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan kaleng.
SOLO (EKSPOSnews): Manajemen pusat perbelanjaan Hypermart di Solo Grand Mal (SGM) telah menarik seluruh produk ikan makarel kaleng seiring dengan beredarnya pemberitaan mengenai ditemukannya cacing dalam kemasan tersebut.

"Sudah langsung kami tarik sejak ada pemberitahuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," kata General Manager Hypermart SGM Tri Wibowo di Solo, Senin 2 April 2018.

Ia mengatakan tepatnya ada delapan merek makarel kaleng yang ditarik oleh Hypermart, di antaranya ABC, Pronas, dan King's Fisher. Menurut dia, produk-produk tersebut ditarik dan dikembalikan kepada suplier.

"Tetapi hanya makarel, kalau yang lain yaitu sarden dan tuna aman, tidak ada isu apapun. Jadi tetap masih kami jual," katanya.

Menurut dia, ditariknya delapan merek produk makarel kaleng tersebut sejauh ini tidak berpengaruh pada omzet Hypermart mengingat penjualan produk tersebut tidak terlalu banyak.

"Selama ini produk tersebut bukan merupakan produk dengan pembelian tinggi karena kebanyakan konsumen di Solo tidak terlalu menyukai makanan instan kemasan kaleng," katanya.

Mengenai penjualan, dikatakannya, sejauh ini cukup rendah. Ia mengatakan dalam satu bulan hanya sekitar 20 kaleng sarden yang laku terjual.

Sebelumnya, Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengatakan saat ini BPOM memonitor penghentian sementara importasi dan produksi sampai ada audit yang lebih besar dan sampel yang lebih besar.

Selain itu, dikatakannya, BPOM juga menginstruksikan produsen ikan makarel kaleng yang mengandung cacing menarik produk dari pasaran dan menghentikan sementara produksinya.

Menurut dia, secara rinci tercatat sebanyak 27 merek makanan kaleng yang mengandung cacing, di antaranya ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, Dr Fish, Farmerjack, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Jojo, King's Fisher, LSC, Maya, Nago/Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas, Ranesa, S&W, Sempio, TLC, dan TSC.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Cabut Izin Importir Ikan Kaleng Bercacing

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago mendesak pemerintah dapat segera mencabut izin impor ikan makarel yang produk kalengannya ternyata bermasalah karena mengandung cacing

  • 9 bulan lalu

    BPOM Aceh Temukan Ikan Kaleng Bercacing

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menemukan tiga merek ikan kaleng diduga mengandung parasit cacing."Ada tiga merek ikan kaleng atau sarden makarel yang didug

  • 11 bulan lalu

    Dukungan PKPI kepada JR Saragih-Ance Selian Tak Bisa Ditarik Lagi

    MEDAN (EKSPOSnews): Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia mengganti kepengurusan tingkat Provinsi Sumatera Utara pascapencalonan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur.Anggota Komisi Pemilihan Umum (K

  • 2 tahun lalu

    Sulit Cari Solusi Gaji Guru Honorer Setelah Dilimpahkan ke Provinsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi melaporkan dan minta petunjuk soal penggajian guru honorer pascapengalihan kewenangan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan k

  • 2 tahun lalu

    Heboh! Galaxy Note 7 Ditarik dari Peredaran

    PERT (EKSPOSnews): Perusahaan ponsel pintar asal Korea Selatan, Samsung Electronics, dilaporkan segera menarik semua Galaxy Note 7 dari peredaran dunia setelah ditemukan beberapa ledakan akibat ker

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99