Selasa, 21 Mei 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Satgas Pamtas RI-PNG Yonmek 521/DY Terapkan Pola Bivak to Bivak

Satgas Pamtas RI-PNG Yonmek 521/DY Terapkan Pola Bivak to Bivak

Oleh: Jefri
Kamis, 29 Nov 2018 19:27
BAGIKAN:
istimewa.
Pemeriksaan kesehatan.
MERAUKE (EKSPOSnews): Satgas Pamtas Yonmek 521/DY, terus menunjukkan kepeduliannya terhadap warga yang berada di wilayah perbatsan Indonesia-Papua Nugini.

Saat ini, 2 warga Kampung Barki, Kabupaten Merauke, menjadi perhatian serius bagi tim kesehatan Satgas Pamtas Yonmek 521/DY. Pasalnya, 2 warga tersebut didiagnosis menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), serta penyakit kulit yang diindikasikan bisa menular.

Hal itu diungkapkan oleh Letda Ckm Aditya Baskoro di sela-sela dirinya merawat kedua warga tersebut. Menurutnya, minimnya wawasan tentang pentingnya hidup sehat di wilayah perbatasan, seakan menjadi timbulnya penyakit tersebut.

“Warga tidak memperdulikan betapa pentingnya kebersihan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Letda Aditya, Kamis 29 Nopember 2018.

Kendati demikian, kata tim kesehatan Yonmek 521/DY ini, dirinya akan terus berupaya semaksimal mungkin agar kedua warga tersebut bisa terlepas dari penyakit tersebut. “Sekarang sedang kami rawat. Kami pastikan kondisi kesehatannya kembali pulih,” jelasnya.

Sementara itu, Adrianus (56) mengungkapkan, selama ini dirinya merasakan berbagai keluhan pernapasan. Namun, Adrianus menganggap jika keluhan yang dialaminya tersebut, merupakan suatu hal yang biasa. “Saya sering sekali merasakan sesak nafas. Saya juga tidak tahu kalau saya menderita ISPA,” ujarnya.

Keluhan-keluhan itu, kata Adrianus, dirasakannya semenjak beberapa bulan yang lalu. Namun, jauhnya jarak ke Puskesmas di daerah tersebut, seakan membuatnya enggan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. “Biayanya juga darimana,” cetusnya.

Dengan adanya pengobatan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonmek 521/DY saat ini, Adrianus mengaku jika dirinya merasa tertolong. Sebab, kata dia, tak hanya pemeriksaan kesehatan saja. Akan tetapi, Satgas juga memberikan perawatan kesehatan terhadap para warga yang diindikasikan mengalami gangguan kesehatan.

“Kami tidak datang ke pos bapak-bapak TNI ini, tapi malah sebaliknya. Bapak-bapak ini yang datang ke bivak (rumah, red.) kami untuk melihat kondisi kesehatan warga di desa kami,” jelasnya.

Penerapan sistem Bivak to Bivak atau dari rumah ke rumah, dinilai sangat ampuh dalam memantau setiap kondisi kesehatan warga di wilayah perbatasan RI-PNG. Tidak hanya itu, penerapan sistem tersebut, ternyata berhasil menarik antusias masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Satgas Pamtas RI-Papua Nugini Sediakan Perpustakaan Keliling

    BOVEN DIGUL (EKSPOSnews): Pentingnya pendidikan, seakan menjadi tujuan utama bagi Satuan Pengamanan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini, untuk terus mencerdaskan generasi penerus

  • tahun lalu

    Kepala Staf Kodam V/Brawijaya Kunjungi Pos Satgas Pamtas RI-PNG

    KEEROM (EKSPOSnews): Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya Brigadir jenderal TNI Widodo Iryansah  melaksanakan kunjungan kerja ke pos Jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Quratara Y

  • tahun lalu

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Bantu Perbaiki Jembatan

    KEEROM (EKSPOSnews): Kegiatan Karya Bakti Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY yang di laksanakan oleh 20 prajurit Pos Kotis Yonif Mekanis 512/QY yang di pimpin langsung oleh Dankima Lettu Inf Su

  • 2 tahun lalu

    Lagi, Satgas Pamtas RI-PNG Yonmek Temukan Ladang Ganja

    KEEROM (EKSPOSnews): Tiada kata lelah ataupun bosan, Satgas Pamtas RI PNG Yonif Mekanis 512/QY terus melaksanakan tugas tugasnya dalam rangka menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif diwil

  • 2 tahun lalu

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis di Kabupaten Keerom

    Pajurit Pos Komando Taktis Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY selain melaksanakan tugas pokok sebagai Satgas Pamtas juga aktif dalam kegiatan Komunikasi Sosial bersama selu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99