Sabtu, 18 Agu 2018

Sampoerna Dukung Pencegakan Anak Membeli Rokok

Oleh: marsot
Jumat, 15 Des 2017 03:54
BAGIKAN:
istimewa.
Rokok.
JAKARTA (EKSPOSnews): PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), sebagai produsen rokok menyatakan komitmennya terus mendukung upaya pencegahan terhadap anak untuk membeli komoditas itu.

"Kami komit untuk terus berpartisipasi dengan para pihak, termasuk mitra kami, para retailer untuk menerapkan program PAPRA," kata Direktur Sampoerna, Ivan Cahyadi kepada pers di Jakarta, Kamis 14 Desember 2017.

Program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-anak (PAPRA) telah diterapkan perseroan sejak Oktober 2013 dan hingga 2017 ini telah menggandeng 40.000 ritel untuk menerapkannya.

"Program ini awalnya diikuti 4.800 ritel di Jabotabek, terus berkembang ke kota kota lain seperti Surabaya, Bali dan Medan," kata Ivan.

Ivan Cahyadi menjelaskan program ini adalah bentuk komitmen perseroan mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan, khususnya Pasal 25 poin B yang melarang penjualan rokok kepada anak-anak di bawah usia 18 tahun.Artinya, tegas Ivan, perseroan akan berperan aktif dalam mengedukasi pedagang ritel agar memasarkan dan mempromosikan produk hanya kepada perokok dewasa.

Kini jangkauan program PAPRA diperluas dengan melibatkan ritel yang tergabung dalam Komunitas Ritel Sampoerna (Sampoerna Retail Community).

Program ini dilakukan melalui penempatan "sticker", "wobbler", "tent card", dan iklan pada layar tayang di toko yang memuat pesan tentang pelarangan penjualan rokok kepada anak-anak di bawah usia 18 tahun.Jadi, intinya, tambah dia, program ini dilakukan dengan cara penempatan materi komunikasi serta edukasi kepada pemilik atau pekerja toko.

Ancaman serius Pada Juli tahun ini, Kementerian Kesehatan menyebutkan Indonesia menghadapi ancaman serius akibat peningkatan jumlah perokok, terutama kelompok anak-anak dan remaja.

Peningkatan perokok pada remaja usia 15-19 tahun meningkat dua kali lipat dari 12,7 persen pada 2001 menjadi 23,1 persen pada 2016.

Hasil Survei indikator kesehatan nasional (Sirkesnas) 2016 bahkan memperlihatkan angka remaja perokok laki-laki telah mencapai 54,8 persen.

Target indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional terkait prevalensi perokok anak usia 18 tahun, yaitu turun dari 7,2 persen pada 2009 menjadi 5,4 persen pada 2013.

Namun kenyataannya justru angka ini meningkat menjadi 8,8 persen pada 2016.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Sulitnya Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

    DUMAI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Dumai Riau mengeluhkan kesulitan anggaran pencegahan persebaran HIV dan perawatan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sejak organisasi PBB, Global Fund menghentikan d

  • 5 bulan lalu

    Sampoerna Agro Apel Siaga Api

    JAKARTA (EKSPOSnews): Chief Operating Officer (COO) PT Sampoerna Agro Tbk. Parluhutan Sitohang mengatakan, perusahaan telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan apel siaga api terpadu yang diikuti le

  • 6 bulan lalu

    Anggaran Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyoroti minimnya anggaran pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau pada 2018 sebesar Rp6,8

  • 8 bulan lalu

    Kejaksaan Utamakan Pencegahan Korupsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan Republik Indonesia dalam pemberantasan tindak pidana korupsi lebih menitikberatkan pada upaya pencegahan, kata Jaksa Agung M Prasetyo."Strategi itu selama ini telah opt

  • 9 bulan lalu

    Pencegahan Setya Novanto Sah Secara Hukum

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa surat pemintaan perpanjangan pencegahan ke luar negeri terhadap Ketua DPR RI Setya Novanto yang dikirim ke Ditjen Imigrasi Kem

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99