Selasa, 26 Mei 2020

Razia Obat Ilegal di Apotek

Oleh: Alex
Rabu, 06 Sep 2017 15:59
BAGIKAN:
istimewa
Obat ilegal.
NEGARA (EKSPOSnews): Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, Bali, melakukan razia peredaran obat ilegal yang dijual apotek dan toko obat.

"Pemeriksaan atau razia itu untuk menindaklanjuti temuan BPOM yang disampaikan kepada kami, kalau ada obat yang dilarang peredarannya dijual di beberapa apotek di Kabupaten Jembrana," kata Kepala Dinas Kesehatan Putu Suasta, usai razia, Rabu 6 September 2017.

Ia mengatakan, dari beberapa apotek dan toko obat di Kota Negara, pihaknya memang menemukan obat dan jamu yang peredarannya dilarang Balai Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM).

Kepada pengelola maupun karyawan apotek dan toko obat yang menjual produk tersebut, menurutnya, langsung diberikan surat teguran dan pembinaan karena membahayakan konsumen.

Selain obat dan jamu ilegal, ia mengatakan, pihaknya juga menemukan jenis obat yang harus dibeli dengan resep dokter, namun dipajang sehingga terkesan semua orang bisa membelinya.

"Obat dengan resep dokter harusnya tidak boleh dipajang terbuka, kalau ada yang membeli dengan membawa resep dokter baru diambilkan di tempat penyimpanan," katanya.

Menurutnya, hasil razia beserta temuan obat dan jamu berbahaya ini, akan dilaporkan kepada BPOM untuk ditindaklanjuti.

Untuk menjaga masyarakat Kabupaten Jembrana dari peredaran obat dan jamu yang dilarang BPOM, ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan razia terhadap apotek dan toko obat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Izin Apotek Terancam Dicabut

    KENDARI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku sedang memproses pencabutan operasi kurang lebih 10 apotek di daerah itu karena bermasalah.Kepala Dinas Kesehatan Sult

  • 3 tahun lalu

    BPOM Babel Sidak Apotek dan Klinik

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kegiatan inspeksi mendadak ke apotik dan klinik layanan kesehatan guna mengantisipa

  • 3 tahun lalu

    BNN Langkat Periksa 6 Apotek

    STABAT (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melakukan pemeriksaan mendadak terhadap enam apotek terkait ada tidaknya Paracetamol, Caffeine and Carisoprodol (

  • 3 tahun lalu

    Cabut Izin Apotek Penjual PCC

    MALANG (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Malang mengancam mencabut izin apotek di wilayah itu yang terbukti menjual pil paracetamol, caffeine, carisoprodol (PCC) dalam sepekan terakhir banyak memakan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99