Rabu, 20 Jun 2018

RSUD Pariaman Butuh Anggaran Besar

Oleh: Jallus
Kamis, 11 Jan 2018 04:48
BAGIKAN:
istimewa.
Uang.
PARIAMAN (EKSPOSnews): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) membutuhkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk menambah gedung pusat lima lantai sekaligus untuk ruang rawat inap agar bisa memberikan pelayanan lebih baik pada masyarakat.

"Peralatan medis dan sumber daya manusia di RSUD ini sudah cukup memadai. Namun gedung masih kurang. Ini yang coba kita atasi ke depan," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Pariaman, Rabu 10 Januari 2018.

Ia menyebutkan itu usai meninjau pelayanan kesehatan di rumah sakit yang berada di bawah pengelolaan Pemprov Sumbar tersebut.

Menurutnya anggaran itu akan diusahakan bisa dibantu pemerintah pusat, karena untuk APBD 2018 sudah tidak bisa dimasukkan lagi.

"Kita rembukkan dengan gubernur terkait kebutuhan itu, karena RSUD regional ini sangat strategis melayani masyarakat dari beberapa daerah seperti Kabupaten Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, dan Kota Pariaman," kata dia.

Ia yakin dengan sarana dan prasarana dan sdm yang memadai, RSUD Pariaman yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak 2013 bisa membiayai kebutuhannya sendiri.

Sementara itu Direktur RSUD Pariaman, dr. Indria Velutina mengatakan pasien rawat jalan di rumah sakit itu mengalami peningkatan dari 91 ribu pasien pada tahun 2016 menjadi 109 ribu pasien pada tahun 2017.

Namun hal itu berbanding terbalik dengan pasien yang rawat inap yang menurun pada 2017, salah satunya karena pelayanan yang tidak bisa maksimal, sebab kondisi gedung yang terpisah-pisah.

Ia berharap ada bantuan dari APBD Provinsi atau APBN untuk pembangunan gedung pusat, agar pelayanan bagi pasien yang rawat inap tidak terpisah-pisah lagi.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    BPK Temukan Pemborosan Anggaran di Dispenda Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumut menjadi sorotan publik karena merealisasikan dana insentif sebesar Rp16.055.490.000.00 tanpa bekerja. Hal itu menjadi temuan Badan Pemeriks

  • 4 bulan lalu

    Anggaran Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyoroti minimnya anggaran pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau pada 2018 sebesar Rp6,8

  • 7 bulan lalu

    Kemenpurr Alokasikan Anggaran untuk Jalan Danau Toba

    LUBUK PAKAM (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp800 miliar hingga 2019 untuk membangun jalan menuju Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara."Kalau

  • 11 bulan lalu

    5 Jaksa di Jawa Tengah Lakukan Pelanggaran

    SEMARANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mencatat 5 jaksa yang bertugas di berbagai wilayah di provinsi ini terbukti melakukan pelanggaran selama periode Januari hingga Juli 2017."Ada 5 jak

  • 11 bulan lalu

    Agam Alokasikan Anggaran Irigasi

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menganggarkan dana sebesar Rp27 miliar untuk pemeliharaan, peningkatan sarana dan prasarana jaringan irigasi di daerah itu pada 201

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99