Selasa, 24 Okt 2017

RS Haji Medan Dilengkapi Peralatan Canggih

Oleh: marsot.
Minggu, 08 Okt 2017 05:44
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah sakit (ilustrasi).
MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi berharap operasional ruang operasi cathlab atau kateterisasi jantung di Rumah Sakit Haji Medan bisa semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"RS Haji Medan yang di bawah pengelolaan Pemprov Sumut memang harus semakin memiliki peralatan yang canggih agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya usai meresmikan ruang kateterisasi jantung di RS Haji Medan, Sabtu 7 Oktober 2017.

Cathlab adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan intervensi nonbedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.

Menurut dia, dewasa ini, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak melanda warga dan menjadi penyebab kematian.

"Fasilitas operasi cathlab RSU Haji Medan itu pasti disambut hangat masyarakat karena sudah lama ditunggu,"katanya.

Masyarakat sangat membutuhkan karena ditengah meningkatnya jumlah penderita jantung akibat pola hidup tidak sehat, jumlah fasilitas itu justru masih minim di rumah sakit Sumut.

Akibat masih minim, antrian layanan kateterisasi jantung itu cukup lama. "RS Haji Medan yang menjadi salah satu rumah sakit andalan termasuk dari luar Provinsi Sumut memang harus terus berbenah,"katanya.

RS Haji Medan, bukan hanya memerlukan peningkatan di peralatan kedokteran yang lebih canggih dan ruangan yang memadai, tetapi juga pelayanan dari petugas medisnya.

Direktur Rumah Sakit Haji Medan Diah Retno W Ningtias menyebutkan manajemen rumah sakit itu terus melakukan pembenahan.

Ruang rawat jalan, inap, IVY dan hemodialisa misalnya sudah direnovasi.

"Meski RS Haji milik pemerintah, tetapi fasiltasnya tidak kalah dengan swasta," katanya.

Peningkatan pelayanan juga dilakukan pada sumber daya manusia di rumah sakit itu.

"Di RS Haji sudah ada dokter PNS dengan berbagai spesialis keahlian sejumlah 42 orang,"katanya.

Meski semakin bagus, manajemen, ujar Diah, tetap berharap mendapat bantuan seperti menambah dokter PNS yang subspesialis ahli mata, digestif, ahli jiwa, ahli jantung, bedah gigi dan mulut.

Dengan semakin lengkapnya dokter spesialis dan sub spesialis, maka rujukan pasien dari daerah akan semakin banyak dan sebaliknya jumlah pasien yang dirujuk keluar rumah sakit semakin sedikit.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Pindad Persiapkan Peralatan Perang Cyber

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pindad berinovasi meluncurkan Divisi Teknologi Cyber Security dalam menghadapi ancaman perang cyber yang sudah dekat dan semakin tidak terbendung."Ini adalah sebuah unit terba

  • 4 bulan lalu

    Kemenkes Bantu Peralatan Rumah Sakit di Sumatera Selatan

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Selata Alex Noerdin mengatakan, Kementerian Kesehatan akan membantu peralatan rumah sakit daerah Pemprov Sumsel senilai Rp900 miliar.Nantinya peralatan dan fa

  • 11 bulan lalu

    BPJS Kesehatan Pekanbaru Bantu Peralatan Sekolah

    PEKANBARU (EKSPOSnews): BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Kota Pekanbaru, Riau menyalurkan bantuan peralatan sekolah berupa tas, alat tulis dan buku-buku bagi 50 pelajar MTDA Alhuda Lembah Damai K

  • tahun lalu

    Pemindahan Peralatan Navigasi Bandara Sultan Syarif Kasim II Terkendala Lahan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau melalui dinas perhubungan pertanyakan kinerja AirNav Indonesia karena belum memindahkan instrumen sistem pendaratan (ILS) di bandara Pekanb

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99