Selasa, 23 Mei 2017
  • Home
  • Kesehatan
  • Puluhan Wanita di Dharmastaya Terdekteksi Penyakit Kanker Serviks

Puluhan Wanita di Dharmastaya Terdekteksi Penyakit Kanker Serviks

Oleh: Alex
Jumat, 28 Apr 2017 05:08
BAGIKAN:
istimewa
Sel Cancer.
PULAU PUNJUNG (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menemukan 80 wanita yang diduga mengalami gejala kanker serviks selama pekan pemeriksaan IVA Tes pada 26 Februari sampai 21 April 2017.

"Jumlah ini merupakan hasil pemeriksaan di 13 Puskesamas selama pekan IVA," kata Kepala Dinkes Dharmasraya, Rahmadian melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Helmi Muslim di Pulau Punjung, Kamis 27 April 2017.

Selama pekan pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang bekerja sama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Dharmasraya memeriksa 850 wanita, tambahnya.

"Jumlah ini melampaui target yang ditetapkan Ketua PKK Dharmasraya Ny. Dewi Sutan Riska sebanyak 350 wanita," ujarnya.

Ia mengemukakan wanita yang diduga mengalami gejala pra kanker harus melakukan krioterapi sebagai pemeriksaan lebih lanjut.

Karena saat ini belum satu pun Puskesmas di Dharmasraya yang dapat melakukan krioterapi maka pasien disarankan untuk dirujuk ke rumah sakit yang telah memiliki fasiltas untuk itu, seperti RSUD Kota Solok dan Padang, lanjutnya.

"Pemeriksaan krioterapi dapat dilakukan dengan BPJS, jadi masyarakat tidak perlu membayar hanya perlu surat rujukan saja," ujar dia.

Ia berharap seluruh wanita dewasa di daerah itu mau melakukan pemeriksaan IVA agar terhindar dari kanker serviks, karena seperti diketahui obat kanker sampai sekarang belum ditemukan.

Menurutnya kanker serviks masih menjadi pembunuh nomor satu bagi perempuan, bahkan setiap dua menit perempuan di dunia meninggal akibat penyakit mamatikan itu.

"Jadi jangan takut untuk memeriksakan diri, pemeriksaan IVA merupakan salah satu cara sederhama pendeteksi dini kanker serviks," tambahnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak