Minggu, 31 Mei 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Peserta BPJS Kesehatan Kesulitan Peroleh Obat di Apotik Rujukan

Peserta BPJS Kesehatan Kesulitan Peroleh Obat di Apotik Rujukan

Oleh: alex
Minggu, 14 Apr 2019 20:12
BAGIKAN:
istimewa.
Obat.
BATURAJA (EKSPOSnews): Rahmad Saleh warga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan salah seorang pengguna BPJS Kesehatan mengakui kesulitan mendapat obat di apotik rujukan, sehingga terpaksa merogoh kocek untuk membeli di apotik lain.

"Sulit sekali mendapat obat di apotik rujukan BPJS Kesehatan meskipun stok obatnya tersedia," kata Rahmad di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Minggu 14 April 2019.

Dia menuturkan, saat menebus Insulin di apotik rujukan BPJS wilayah setempat guna menetralisir kadar gula darah di tubuhnya, petugas apotik terkesan menolak memberikan obat atas penyakit diabetesnya tersebut.

Menurut dia, petugas apotik rujukan BPJS ini terkesan menolak memberikan obat yang dibutuhkan tersebut dengan alasan jika Insulin sedang kosong.

"Petugas apotik mengaku kalau insulin tinggal satu dan lima hari lagi baru tersedia. Namun, ketika saya datang lagi mereka bilang kosong. Berbeda dengan apotik yang bukan rujukan BPJS, Insulin selalu ada," jelasnya.

Dia sangat menyayangkan pelayanan apotik rujukan tersebut karena seharunya memberikan obat yang memang sudah menjadi tanggungan BPJS Kesehatan.

"Yang saya pertanyakan Insulin ini sudah ditanggung BPJS kenapa masih harus beli. Kecuali kalau memang obat tersebut tidak ditanggung," tegasnya.

Sementara Kepala BPJS OKU, Fitrianti secara terpisah terkait hal tersebut mengakui untuk pengadaan obat sudah menjadi kewenangan dari apotik yang bekerjasama dengan BPJS.

"Namun memang untuk saat ini kami masih menunggu droping dana dari kantor pusat. Pada Maret 2019, pihak apotik rujukan baru mengajukan ke kantor untuk proses verifikasi," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Menkes Kunjungi BPJS Kesehatan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto langsung mengunjungi kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat sehari setelah serah terima jabatan di Kementerian Kesehatan untu

  • 8 bulan lalu

    Heboh Obat Ranitidin

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Kajian Obat PB Ikatan Dokter Idonesia (IDI) Rika Yuliwulandari mengatakan zat cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) pada obat mengandung ranitidin bisa terdapat dalam makan

  • 11 bulan lalu

    Mengusut Penyimpangan Dana BPJS Kesehatan di Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengusut dugaan terjadinya penyimpangan yang dilakukan rumah sakit swasta dan klinik di Medan melalui klaim dana BPJS Kesehatan bagi masyarakat."Tim

  • 11 bulan lalu

    BPOM Diminta Tingkatkan Pengawasan Obat dan Makanan

    PALU (EKSPOSnews): Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola berharap dan mengajak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Perangkat

  • 12 bulan lalu

    RS Semen Padang Tak Layani Lagi Peserta BPJS Kesehatan

    PADANG (EKSPOSnews): Rumah Sakit Semen Padang atau Semen Padang Hospital tidak lagi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat mulai awal Juni 2019 seiring tidak berlanjutnya ker

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99