Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Penduduk Yogyakarta Banyak Menderita Penyakit Katarak

Penduduk Yogyakarta Banyak Menderita Penyakit Katarak

Oleh: marsot
Senin, 08 Apr 2019 05:28
BAGIKAN:
Peyakit mata.
YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Sekitar dua persen dari penduduk Kabupaten Sleman menderita katarak menurut Kepala Dinas Kesehatan setempat.

"Dua persen penduduk di DIY menderita katarak. Sama halnya di Kabupaten Sleman, dua persen dari jumlah penduduk menderita katarak," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo pada kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RSUD Sleman, Minggu 7 April 2019.

Ia mengatakan kegiatan semacam bakti sosial operasi katarak gratis dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-103 merupakan bagian dari upaya untuk meminimalisir kemungkinan kebutaan penderita katarak.

"Saat ini kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat. Jumlah pasien operasi katarak gratis tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Namun yang bisa dilakukan tindakan hanya 45 orang saja," katanya.

Ia mengatakan 45 orang yang menjalani operasi katarak merupakan pasien yang memenuhi syarat berdasarkan proses pemeriksaan.

"Dalam proses tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi pasien yang hasilnya akan menentukan apakah pasien bisa dilakukan tindakan operasi atau tidak," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun meninjau bakti sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten bekerja sama dengan RSUD Sleman dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Peserta pemeriksaan dalam kegiatan bakti sosial itu cukup banyak, dengan jumlah pasien yang mendaftar sampai 191 orang, jauh lebih banyak ketimbang jumlah pasien yang mendaftar pada bakti sosial tahun 2018 yang sekitar 100 pasien.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Operasi Katarak di Malang

    MALANG (EKSPOSnews): Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko Sambangi Operasi Katarak yang bertempat di Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen kota Malang,  Rabu, 6 Desember 2017. Kegiatan sosial

  • tahun lalu

    Operasi Katarak Gratis

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng Korem 083/Bdj dalam rencana kegiatan sosial operasi katarak gratis. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan menjadi dua gelombang untuk gelombang pertama pa

  • 3 tahun lalu

    965 Mata Kembali Melihat Indahnya Dunia

    BATANGTATORU (EKSPOSnews): Total 965 mata (730 orang) telah memetik manfaat dari rangkaian program "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" yang digelar Tambang Emas Martabe di Rumah Sakit Tentara Padangsidim

  • 3 tahun lalu

    Tambang Emas Martabe Lakukan Operasi Katarak

    PEMATANGSIANTAR (EKSPOSnews): Total 255 mata (210 orang) telah dioperasi katarak dalam program "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" yang digelar Tambang Emas Martabe di Rumah Sakit Tentara Pematang Sianta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99