Rabu, 26 Apr 2017
  • Home
  • Kesehatan
  • Penderita Kanker Serviks di Indonesia Nomor Dua di Dunia

Penderita Kanker Serviks di Indonesia Nomor Dua di Dunia

Oleh: Alex
Rabu, 29 Mar 2017 14:39
BAGIKAN:
istimewa
Sel cancer.
PARIAMAN (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Sumatera Barat, menemukan tujuh orang wanita yang dicurigai mengalami gejala kanker serviks pada pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang dilakukan sejak satu bulan terakhir.

"Ada sekitar 280 orang wanita dewasa yang telah diperiksa dan ditemukan tujuh orang wanita yang dicurigai memiliki gejala kanker serviks," kata Kepala Dinkes setempat, Bakhtiar di Pariaman, Rabu 29 Maret 2017.

Ia mengatakan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya hanya bersifat mendeteksi tahap awal, karena kepastiannya harus melalui dokter spesialis kandungan.

Ke tujuh wanita yang dicurigai memiliki gejala kanker serviks tersebut akan dipanggil Dinkes dan dianjurkan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan, katanya.

Biaya pemeriksaan tersebut ditanggung oleh Pemerintah Kota Pariaman melalui Jaminan Kesehatan Sebiduk Sedayung yang dibentuk oleh pemerintah daerah.

"Bahkan biaya pengobatan pun akan ditanggung pemerintah kota," ujarnya.

Ia menyayangkan sedikitnya wanita yang telah menikah mengikuti pemeriksaan IVA, padahal pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui gejala kanker serviks yang merupakan salah satu penyebab kematian pada wanita di dunia.

Sedikitnya wanita melakukan pemeriksaan IVA, lanjut dia, karena masih merasa malu sehingga beranggapan lebih baik tidak melakukan pemeriksaan.

"Kami telah melakukan sosialisasi dan rahasianya pun terjaga," kata dia.

Ia mengatakan telah melatih petugas yang berada di tujuh Puskesmas di empat kecamatan di kota itu agar wanita yang telah menikah mudah melakukan pemeriksaan IVA.

Untuk mengoptimalkan pemeriksaan, Dinkes Kota Pariaman akan menggiatkan sosialisasi dan mengadakan pemeriksaan di pusat keramaian, seperti Pantai Gandoriah.

"Kami juga akan melakukan pemeriksaan ketika ada kegiatan dari masyarakat," ujarnya.

Ia berharap semua wanita yang telah menikah di kota itu mau melakukan pemeriksaan IVA sehingga kanker serviks dapat dicegah.

Hal tersebut dikarenakan saat ini jumlah penderita kanker serviks Indonesia mencapai 21 ribu orang sehingga menempatkan Indonesia berada pada posisi kedua tertinggi di dunia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Heboh! Penderita Kanker Serviks di Indonesia Tertinggi di Dunia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jumlah wanita penderita kanker serviks hingga kini setidaknya mencapai 21.000 kasus sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara dengan urutan kedua tertinggi di dunia."Tingginy

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak