Selasa, 23 Mei 2017

Pelayanan Puskesmas Parlilitan Mengecewakan Warga

Oleh: T. Simanullang
Kamis, 27 Apr 2017 22:09
BAGIKAN:
istimewa
Puskesmas (ilustrasi).
DOLOK SANGGUL (EKSPOSNews):Pelayanan kesehatan di Kabupaten Humbang Hansundutan (Humbahas), Sumatera Utara semakin memprihatinkan. Selain lamban melayani pasien serta asal-asalan, dokter dan perawat di Puskesmas tersebut sering tak berada ditempat.

Murni (60), salah seorang warga Desa Sinom Hudon Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, mengaku kecewa atas pelayanan Puskesmas di Parlilitan.

Pelayanan di Puskesmas Parlilitan buruk dan asal-asalan. Selain karena kurangnya peralatan dan tenaga medis, petugas lamban dan tidak displin. Sehingga warga takut berobat ke Puskesmas Parlilitan.

"Suami saya sakit gula. Tensinya turun drastis. Saya langsung melarikannya ke Puskesmas Parlilitan. Saat tiba di Puskesmas, petugas justeru menyuruh  istirahat terlebih dahulu tanpa melayani dengan sigap. Kami menunggu dua jam, tanpa penanganan," paparnya kepada wartawan Kamis 27 April 2017.

Murni melanjutkan, kurangnya pelayan Puskesmas di Parlilitan itu dan merasa khawatir dengan kondisi suaminya.
 
"Suami saya tidak diperiksa, dan tidak diberi obat pertolongan. Dokterpun buru-buru pergi katanya ke Doloksanggul," ujarnya.

Dengan terpaksa dia membawa suaminya ke Klinik Santa Theresia yang sering disebut rumah sakit Susteran di Jalan Sion No 1 Parlilitan.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat di Desa Sinom Hudin Sibulbulan, Kecamatan Parlilitan. Banyak warga di kampungnya enggan berobat ke Puskesmas Parlilitan lantaran penanganan medisnya asal-asalan dan tak bagus.

"Dikampung ini, hampir semua warga kalau ada yang sakit berobatnya ke susteran. Tidak ada yang mau ke Puskesmas Parlilitan. Alasannya petugas yang melayani asal-asalan dan dan pasien sering diterlantarkan," katanya.

Ia menceritakan, pernah suatu hari warga berobat tidak tersedia tabung oksigen dan peralatan lainnya seperti alat tes gula darah dan kolesterol.

"Kami harap pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan  bisa tegas kepada petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada warga. Jika tidak lebih baik Puskesmas ditutup karena hanya menghamburkan anggaran," tegasnya.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, ketika dihubungi terkait komitmennya dalam memperbaiki pelayanan kesehatan di Humbahasas tidak merespon. Pesan singkat yang dikirim melalui no 08121441xxxx tidak dibalas.

Terpisah Anggota DPRD Humbahas Timbul Tinambunan, berjanji akan segera meneruskan keluhan ini kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

"Kami akan lakukan pertemuan dengan pemerintah setempat.  Ini informasi berharga bagi kami, sehingga ada bahan evaluasi bagi Kesehatan Masyarakat di Humbahas. Nanti Kepala Puskesmas Parlilitan dimintai keterangan atas kelalaian tersebut,"tuturnya.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak