Senin, 24 Feb 2020

Menekan Stunting di Gorontalo

Oleh: marsot
Kamis, 13 Des 2018 04:37
BAGIKAN:
istimewa.
Anak Indonesia.
GORONTALO (EKSPOSnews): Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk mengintervensi "stunting" melalui berbagai program di daerah tersebut.

Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo Muhammad Edi Muin di Gorontalo, mengatakan kerangka intervensi stunting yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.

"Intervensi gizi spesifik merupakan intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), dan berkontribusi pada 30 persen peneurunan stunting," ujarnya pada seminar reproduksi bersama mitra, Rabu 12 Desember 2018.

Kegiatan intervensi gizi spesifik umumnya dilakukan oleh sekotr kesehatan dengan sasaran intervensi dimulai dari masa kehamilan ibu hingga melahirkan.

Sedangkan intervensi gizi sensitif dilakukan melalui berbagai kegiatan pembangunan diluar sektor kesehatan dan berkontribusi pada 70 persen penurunan stunting.

"Sasaran dari intervensi ini adalah masyarakat secara umum dan tidak khusus ibu hamil dan balita pada 1.000 HPK," ucap Edi.

Ia menjelaskan jika stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi, intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi prevalansi stunting perlu dilakukan pada 1.000 HPK dari anak balita.

"Hal ini pun telah disepakati oleh para ahli diseluruh dunia sebagai saat terpenting dalanm hidup seseorang. Sejak saat perkembangan janin dalam kandungan, hingga usia anak dua tahun menentukan kesehatan dan kecerdasan seseorang," ungkapnya.

Oleh karena itu kata Edi, untuk menciptakan anak Indonesia yang sehat dan cerdas, langkah awal yang paling pentinh adalah memastikan pemenuhan gizi ibu dan bayi selama masa kehamilan hingga anak menginjak usia dua tahun.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Dokter yang Dicintai Masyarakat Pesisir Gorontalo

    Dokter AR. Mohammad adalah sosok dokter spesialis senior yang menjadi salah satu aset sumber daya manusia (SDM) milik Provinsi Gorontalo yang dicintai masyarakat pesisir.Pasalnya, dokter yang kesehari

  • 2 tahun lalu

    Kejaksaan Tinggi Periksa Bupati Gorontalo

    GORONTALO (EKSPOSnews): Bupati Gorontalo, Indra Yasin diperiksa oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pasar Pontolo tahap satu dan dua.Asisten Bidang Tind

  • 2 tahun lalu

    Bandara Gorontalo Beroperasi Lagi

    GORONTALO (EKSPOSnews): Bandar Udara (Bandara) Djalaludin Gorontalo kembali beroperasi setelah ditutup akibat tergelincirnya pesawat Lion Air di bahu landasan pacu.Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo

  • 2 tahun lalu

    Penutupan Bandara Gorontalo Diperpanjang

    GORONTALO (EKSPOSnews): Kepala Bandara Djalaludin Power Sihaloho, mengatakan penutupan Bandar Udara (Bandara) Djalaludin Gorontalo diperpanjang hingga Selasa (1/5) pagi setelah sebelumnya ditutup sela

  • 2 tahun lalu

    Isteri Wakil Wali Kota Gorontalo Tersangka Narkoba

    GORONTALO (EKSPOSnews): Wanita berisinial SD istri Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo.Kepala BNNP Go

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99