Kamis, 21 Mar 2019

Menekan Anak Stunting di Tebing Tinggi

Oleh: marsot
Sabtu, 16 Feb 2019 06:11
BAGIKAN:
istimewa.
Anak kecil.
TEBING TINGGI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, mengungkap ada 74 anak di daerah itu mengalami stunting sehingga diupayakan untuk mendapat asupan gizi yang lebih baik.

Kepala Dinas Kesehatan Tebing Tinggi Nanang Fitra Aulia di tebing Tinggi, mengatakan, upaya menurunkan angka anak stunting terus dilakukan dengan berbagai usaha, utamanya dengan perbaikan pola makan, pola asuh, dan sanitasi lingkungan.

Ia menilai masih banyak masyarakat awam yang mentafsirkan stunting ini karena faktor keturunan (genetik) padahal stunting lebih disebabkan karena asupan gizi yang kurang.

"Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting dengan tujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, mampu berinovasi dan berkomptesi ditingkat global," katanya, Jumat 15 Februari 2019.

Ia mengatakan, dalam upaya pencegahan agar terhindar dari stunting yang paling utama diperhatikan adalah menyangkut pola makan dari hal-hal penting lainnya.

Konsumsi gizi seimbang perlu terus diperkenalkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan memperbanyak protein sangat dianjurkan disamping mengkonsumsi buah dan sayur.

Selanjutnya pola asuh terutama terkait dalam praktik pemberian makan bagi bayi dan balita, inisiasi menyusu dini (IMD) dan berupayalah agar bayi mendapat colostrum air susu ibu (ASI). "Berikan hanya ASI saja sampai bayi berusia 6 bulan. Setelah itu, ASI boleh dilanjutkan sampai usia 2 tahun, namun berikan juga makanan pendamping ASI dan datang ke Posyandu," katanya.

Ia juga menyamnpaikan Dinas Kesehatan Tebing Tinggi terus secara aktif memberikan penyuluhan kepada warga terutama ibu-ibu yang sedang hamil agar selama masa kehamilan juga memperhatikan asupan gizi bagi kehamilannya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Polisi Diminta Bertindak Tegas Terhadap Perusuh di Tebing Tinggi

    LAMPUNG (EKSPOSnews): Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendorong aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kericuhan yang dibuat Front Pembela Islam (FPI) dalam acara Harlah Nahdlatu

  • 7 bulan lalu

    PLN Berikan Penghargaan kepada Pemkot Tebing Tinggi

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Sumatera Utara memberikan penghargaan "Giat Tepat Waktu Bayar Listrik" kepada Pemkot Tebingtinggi dalam peringatan Hari Pelanggan.Dep

  • 9 bulan lalu

    Ada Warga Tebing Tinggi Ikut Tenggelam di KM Sinar Bangun

    TEBING TINGGI (EKSPOSnews): Keluarga penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam, Senin (18/6), di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, masih berharap kerabatnya hidup ataupun paling tidak jenazahnya dap

  • 9 bulan lalu

    Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Membuat Mudik Makin Asyik

    MEDAN (EKSPOSnews): Masyarakat mengapresiasi pengoperasian Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Seksi 1 ruas Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 km karena memperlancar arus mudik Lebaran 201

  • tahun lalu

    Membangun Tanggul Penahan Banjir di Tebing Tinggi

    TEBING TINGGI (EKSPOSnews): Badan Wilayah Sungai (BWS) II Sumatera akan melakukan pembangunan proyek penanggulangan banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, yang menurut rencana untuk tahap awal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99