Senin, 26 Jun 2017

Membangun Puskesmas di Perbatasan

Oleh: Marsot
Rabu, 03 Mei 2017 14:23
BAGIKAN:
istimewa
Puskesmas.
KUPANG (EKSPOSnews): Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menganggarkan Rp9-18 miliar untuk pembangunan tiap satu puskesmas di daerah perbatasan dengan total keseluruhan 124 puskesmas yang akan dibangun.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo di Kupang, mengatakan penganggaran pembangunan puskesmas di perbatasan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi dengan total Rp2,4 triliun.

"Ini instruksi presiden juga bahwa fasilitas pemerintah di perbatasan harus bagus. Jadi kalau orang masuk ke Indonesia, oh Indonesia pembangunannya sudah bagus," katanya, Rabu 3 Mei 2017.

Untung menjelaskan penganggaran berbeda-beda mulai Rp9-Rp18 miliar per puskesmas tergantung dari kondisi puskesmas yang sudah ada, atau membangun dari awal.

"Kita bangun sampai isinya lengkap dan juga SDM-nya untuk di daerah perbatasan," ujar Untung.

Dia menjelaskan anggaran untuk pembangunan puskesmas di seluruh Indonesia pada 2015 secara umum mencapai Rp900 miliar, pada 2016 naik menjadi Rp4 triliun, dan pada 2017 naik menjadi Rp7 triliun.

Selain pembangunan di perbatasan, lanjut Untung, pemerintah juga meningkatkan anggaran untuk pembangunan puskesmas di daerah-daerah terpencil.

"Di daerah-daerah terpencil juga sudah besar meski tidak seperti daerah perbatasan, sekitar Rp800 juta," kata Untung.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    TNI Selenggarakan Pengobatan di Perbatasan RI-PNG

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas di perbatasan RI-PNG, Yonif 310/Kidang Kancana (KK) menggelar pengobatan gratis di Mutimanggi, Asikie, Distrik Jair, Kabupaten Boven

  • 3 bulan lalu

    Satgas Yonif Mekanis Perbatasan RI-PGN Bangun Gereja

    KEEROM (EKSPOSnews): Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis 516/Charaka Yhuda (CY) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Keerom, Papua membangun dan merenovasi untuk menghi

  • 3 bulan lalu

    Pembangunan Markas TNI di Perbatasan Jadi Prioritas

    NUNUKAN (EKSPOSnews): Pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan tiga markas TNI di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yakni Long Nawang Kabupaten Malinau dan Long

  • 3 bulan lalu

    Pasukan di Perbatasan RI-PNG Jangan Banyak Tidur Siang. Malaria Mengintai

    MALANG (EKSPOSnews):  As Ops Panglima TNI Mayjen Lodewyk Pusung menegaskan agar pasukan TNI yang dikirim ke perbatasan RI-PNG jangan banyak tidur karena malaria mengintai.Dia menegaskan laporan a

  • 3 bulan lalu

    Pesan Jokowi dari Perbatasan

    SAMBAS (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo mengharapkan pemerintah daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dapat menghadirkan produk-produk yang kompetitif sehingga laku di pasar ekspor.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak