Selasa, 26 Mei 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Makanan Ini Bisa Menghindari Anda dari Kanker Usus

Makanan Ini Bisa Menghindari Anda dari Kanker Usus

Rabu, 06 Jul 2016 13:06
BAGIKAN:
ist
Kanker lambung (ilustrasi)
SEOUL (EKSPOSnews):  Para peneliti dari Korea Selatan menemukan penurunan risiko serangan kanker usus jika rajin makan kacang.

Temuan baru dari Korea Selatan menunjukkan bahwa diet kaya kacang juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker usus besar.

"Makan satu porsi kacang tiga kali atau lebih dalam seminggu ternyata memiliki efek besar pada risiko kanker usus besar," kata seorang profesor kedokteran preventif di Seoul National University College of Medicine , Aesun Shin.

Untuk menguji hubungan antara makan kacang-kacangan dan risiko kanker usus besar, para peneliti mengamati 923 pasien yang telah didiagnosis dengan kanker usus besar dan membandingkan diet mereka dengan 1.846 orang yang tidak memiliki kanker usus besar.

Para peneliti menemukan pria yang melaporkan makan tiga atau lebih porsi kacang seminggu memiliki risiko 69 persen lebih rendah dari kanker usus besar daripada mereka yang tidak memakannya sama sekali.

Wanita yang makan tiga porsi atau lebih memiliki risiko 81 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak makan kacang.

Para peneliti melihat beberapa jenis kanker usus besar berdasarkan lokasi di usus besar di mana kanker ditemukan.

Konsumsi kacang dikaitkan dengan penurunan risiko di semua lokasi yang berbeda. Penelitian ini tidak membuktikan hubungan sebab-akibat antara makan kacang-kacangan dan risiko lebih rendah terkena kanker usus besar.

Para peneliti berhipotesis bahwa beberapa senyawa yang terkandung dalam kacang termasuk serat dan antioksidan bisa membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker usus besar.

Selama ini Kacang dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.(Fox News)

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    BPOM Diminta Tingkatkan Pengawasan Obat dan Makanan

    PALU (EKSPOSnews): Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola berharap dan mengajak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Perangkat

  • 12 bulan lalu

    Membangun Pusat Kuliner Makanan Laut di Medan Belawan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam rangka mendukung program pembangunan yang telah dicanangkan Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, untuk menjadikan Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, ber

  • tahun lalu

    Pengungsi Tsunami Lampung Jangan Sampai Kekurangan Makanan

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pengungsi terdampak tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam, warga Kota Bandarlampung yang masih bertahan di posko-posko yang dibuat oleh pemerintah setempat, dip

  • tahun lalu

    Balai POM Musnahkan Obat dan Makanan Ilegal

    BANDUNG (EKSPOSnews): Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI memusnahkan obat dan makanan ilegal atau tanpa izin edar senilai Rp8,1 miliar di Bandung, Jawa Barat.Kepala BPOM RI Penny K. Lukito me

  • 2 tahun lalu

    Mengolah Daun Mangrove Jadi Makanan Ringan

    PARIAMAN (EKSPOSnews): Komunitas pencinta alam Tabuik Diving Club (TDC) Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengolah daun mangrove atau Rhizophora menjadi makanan ringan dan minuman seperti kerupuk dan teh

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99