Jumat, 21 Sep 2018

Kasus Diabetes Meningkat Setiap Tahun

Oleh: Jallus
Selasa, 11 Sep 2018 04:35
BAGIKAN:
istimewa.
Makanan mengandung kadar gula.
CIANJUR (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mencatat kasus diabetes baru setiap tahunnya mencapai ribuan dan mengancam generasi muda yang memiliki pola hidup kurang baik dan orang lanjut usia.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Cianjur, Neneng Efa Fatimah di Cianjur mengatakan jumlah pengidap diabetes rata-rata mencapai ratusan orang perbulan atau pertahun mencapai ribuan orang.

"Ini sangat perlu diantisipasi salah satunya dengan gaya hidup dan pola hidup yang sehat, perlu dilakukan tidak hanya oleh mereka yang berusia tua, tapi juga usia muda," katanya. Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Cianjur, Toton, mengatakan, setiap hari minimal ada lima orang pasien diabetes yang diperiksa, jumlah tersebut bisa lebih dari sepuluh ataupun 15 orang perhari.

"Cukup banyak untuk pengidap diabetes yang melakukan pemeriksaan setiap hari. Namun hal tersebut terjadi secara nasional tidak hanya di Cianjur," katanya, Senin 10 September 2018.

Ia menuturkan, penyakit diabetes akan sangat berbahaya ketika sudah menimbulkan pembusukan pada bagian tubuh, ditambah terjadinya komplikasi penyakit."Sampai sekarang belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan, tapi sebatas mencegah terjadinya komplikasi penyakit," katanya.Dalam kondisi saat ini, tambah dia penyakit diabetes berpotensi menyerang generasi muda, terlebih dengan gaya hidup generasi milenial yang fokus pada gawai, sehingga mengesampingkan olahraga.

"Kalau dulu usia rentan 40 tahun ke atas, saat ini berpotensi pada mereka yang di bawah 40 atau di bawah 30 tahun karena pola hidup yang sudah serba instan dan mengkonsumsi 'junk food' serta jarang berolahraga," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat dari berbagai kelompok usia harus m pelakukan erubahan pola hidup guna meminimalisir potensi terkena diabetes, selain juga deteksi dini perlu dilakukan tidak hanya ketika ada gejala.

"Intinya pola hidup yang sehat, makan yang seimbang antara sayur dan daging. Rajin berolahraga, selalu periksakan gula darah, jangan menunggu gejalanya timbul," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Perkawinan Usia Dini Semakin Meningkat

    BANJARMASIN (EKSPOSnews): Anggota Komisi IV Bidang Kesra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan Misri Syarkawie berpendapat, perkawinan usia dini tampaknya dilematis.Pendapat tersebut menja

  • 5 bulan lalu

    Penjualan Mobil Meningkat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil nasional pada kuartal I-2018 meningkat 2,9 persen dibanding periode yang sama pada 2017.Dalam d

  • 8 bulan lalu

    Biaya Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Membengkak

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) memperkirakan pembiayaan proyek Pelabuhan Kuala Tanjung tahap pertama di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, akan membengkak menjadi Rp4 triliun

  • 9 bulan lalu

    Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu selama 2017 lalu mencapai 184 kasus, jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan 20

  • 9 bulan lalu

    Wisman ke Sumsel Meningkat

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Jumlah wisman yang datang ke Sumatera Selatan pada November 2017 mengalami peningkatan sebesar 41,44 persen dibandingkan Oktober 2017.Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumater

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99