Senin, 01 Jun 2020

Kasus Diabetes Meningkat Setiap Tahun

Oleh: Jallus
Selasa, 11 Sep 2018 04:35
BAGIKAN:
istimewa.
Makanan mengandung kadar gula.
CIANJUR (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mencatat kasus diabetes baru setiap tahunnya mencapai ribuan dan mengancam generasi muda yang memiliki pola hidup kurang baik dan orang lanjut usia.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Cianjur, Neneng Efa Fatimah di Cianjur mengatakan jumlah pengidap diabetes rata-rata mencapai ratusan orang perbulan atau pertahun mencapai ribuan orang.

"Ini sangat perlu diantisipasi salah satunya dengan gaya hidup dan pola hidup yang sehat, perlu dilakukan tidak hanya oleh mereka yang berusia tua, tapi juga usia muda," katanya. Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Cianjur, Toton, mengatakan, setiap hari minimal ada lima orang pasien diabetes yang diperiksa, jumlah tersebut bisa lebih dari sepuluh ataupun 15 orang perhari.

"Cukup banyak untuk pengidap diabetes yang melakukan pemeriksaan setiap hari. Namun hal tersebut terjadi secara nasional tidak hanya di Cianjur," katanya, Senin 10 September 2018.

Ia menuturkan, penyakit diabetes akan sangat berbahaya ketika sudah menimbulkan pembusukan pada bagian tubuh, ditambah terjadinya komplikasi penyakit."Sampai sekarang belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan, tapi sebatas mencegah terjadinya komplikasi penyakit," katanya.Dalam kondisi saat ini, tambah dia penyakit diabetes berpotensi menyerang generasi muda, terlebih dengan gaya hidup generasi milenial yang fokus pada gawai, sehingga mengesampingkan olahraga.

"Kalau dulu usia rentan 40 tahun ke atas, saat ini berpotensi pada mereka yang di bawah 40 atau di bawah 30 tahun karena pola hidup yang sudah serba instan dan mengkonsumsi 'junk food' serta jarang berolahraga," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat dari berbagai kelompok usia harus m pelakukan erubahan pola hidup guna meminimalisir potensi terkena diabetes, selain juga deteksi dini perlu dilakukan tidak hanya ketika ada gejala.

"Intinya pola hidup yang sehat, makan yang seimbang antara sayur dan daging. Rajin berolahraga, selalu periksakan gula darah, jangan menunggu gejalanya timbul," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Kunjungan Wisman Meningkat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) melansir kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Februari 2019 naik 6,12 persen menjadi 1,27 juta kunjungan dibandingkan Januari 2018 yakni

  • tahun lalu

    Jumlah Penumpang Kapal Laut Naik Signifikan

    BANJARMASIN (EKSPOSnews): Jumlah penumpang kapal Roll-on/roll-of (Roro) di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, naik hingga 100 persen lebih imbas kenaikan harga tiket pesawat dari Banj

  • tahun lalu

    Permintaan Izin Poligami di Semarang Meningkat

    SEMARANG (EKSPOSnews): Pengadilan Agama Kota Semarang mencatat peningkatan warga Ibu Kota Jawa Tengah yang mengajukan izin poligami atau berkeinginan memiliki lebih dari satu istri."Ada peningkatan se

  • tahun lalu

    Permintaan Paspor di Aceh Meningkat karena Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh menyatakan permohonan paspor sejak awal Januari 2019 meningkat drastis menyusul kenaikan harga tiket pesawat domestik."Berdasarkan hasil waw

  • tahun lalu

    Terorisme Meningkat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan terorisme pada 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni menjadi 17 jumlah aksi dari 12 aksi pada 2017.Dalam konferensi pers

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99