Kamis, 22 Agu 2019

Kanker Serviks Bisa Diantisipasi

Oleh: Jallus
Minggu, 22 Apr 2018 03:34
BAGIKAN:
istimewa.
Cancer.
KEDIRI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Kediri mengungkapkan penyakit kanker serviks memang termasuk penyakit yang tingkat kematiannya cukup tinggi, namun hal itu bisa diantisipasi dengan pola hidup yang sehat.

"Kanker serviks dan payudara salah satu penyakit kanker yang banyak ditakuti kaum wanita. Namun hal itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan mengenali gejala, penyebab, dan cara pencegahannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima di Kediri, Sabtu 21 April 2018.

Kanker diketahui merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dan nomor tujuh di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2013, tingkat prevalensi penyakit kanker tercatat sudah mencapai 0,14 persen, atau 347.792 orang dari total populasi penduduk.

Bahkan, berdasarkan prediksi badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO), pada 2030, jumlah penderita kanker di Indonesia akan meningkat tujuh kali lipat.

Pendeteksian dini untuk penyakit ini bisa melalui mamograf, pap smear, kolonosopi, biopsi hingga pengecekan darah secara berkala bisa mengurangi risiko penyebaran sel kanker lebih luas.

Penyakit ini berdasarkan garis keturunan (gen) diketahui bisa membuat seseorang berisiko mengidap penyakit kanker. Namun, orang dengan gaya hidup yang tak sehat juga bisa memicu aktifnya sel kanker itu di dalam tubuh.

Dinas Kesehatan Kota Kediri, kata Fauzan, sengaja mengadakan seminar kesehatan tentang kanker serviks dan kanker payudara di sebuah hotel Kota Kediri. Acara itu sengaja digelar, dilatarbelakangi dengan meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan penyakit tidak menular, seperti jantung, gagal ginjal, termasuk juga kanker.

"Sehingga penting memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan penyakit kanker salah satunya dengan pola hidup sehat," kata dia.

Dalam seminar tersebut selain dihadiri dari Dinas Kesehatan Kota Kediri, juga dua nara sumber lainnya perwakilan dari yayasan kanker Indonesia (YKI) serta perwakilan dari PKK Kota Kediri. Mereka turut serta memberikan materi tentang bahaya penyakit kanker.

Dalam acara tersebut juga diberikan bingkisan untuk para survivor kanker agar lebih semangat menjalani pengobatan. Ada juga pemeriksaan gratis untuk para peserta seminar meliputi cek kadar gula, kolesterol.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Kanker Serviks Bisa Sembuh

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penderita penyakit kanker mulut rahim atau kanker serviks mempunyai kemungkinan hingga 90 persen untuk sembuh jika baru pada tahap awal dan ditangani sejak dini."Semakin dini dik

  • 6 bulan lalu

    50 Perempuan Meninggal Setiap Hari karena Kanker Serviks

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli kesehatan  Venita menyebutkan sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks yang berarti 18.000 lebih perempuan Indonesia meninggal dal

  • 7 bulan lalu

    Cegah Kanker dengan Setop Merokok

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dokter menyarankan masyarakat bisa mencegah kanker dengan mengurangi konsumsi rokok dan berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.Direktur Medik Keperawat

  • 8 bulan lalu

    Mencegah Pernikahan Dini

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menerbitkan surat edaran terkait pencegahan dan penghapusan pernikahan dini, sebagai salah satu upaya memberikan perlindungan ba

  • 10 bulan lalu

    Kanker Serviks Hantui Wanita

    MEDAN (EKSPOSnews): Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia mengajak kaum wanita untuk melakukan pendektesian kanker serviks sejak dini melalui "pap smear", sehingga nantinya akan lebih memudahkan penang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99