Senin, 20 Nov 2017
  • Home
  • Kesehatan
  • Kalbe Farma Luncurkan Insulin untuk Penderita Diabetes

Kalbe Farma Luncurkan Insulin untuk Penderita Diabetes

Oleh: Marsot
Minggu, 26 Mar 2017 06:11
BAGIKAN:
istimewa
Insulin (ilustrasi).
YOGYAKARTA (EKSPOSnews): PT Kalbe Farma Tbk. meluncurkan produk insulin basal analog biosimilar pertama di Indonesia yang ditujukan untuk penderita diabetes melitus.

"Pentingnya insulin bagi penderita diabetes melitus mendorong Kalbe untuk berinovasi meluncurkan produk terbaru dan pertama di Indonesia," kata Kepala Komunikasi Eksternal PT Kalbe Farma Tbk. Hari Nugroho di Yogyakarta, Sabtu 25 Maret 2017.

Di sela peluncuran produk insulin basal analog biosimilar, Hari mengatakan Kalbe akan terus mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat khususnya terhadap penderita diabetes melitus.

"Seperti kita ketahui diabetes melitus masih menjadi persoalan kesehatan serius dunia termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang berada pada urutan tujuh dengan prevalensi diabetes tertinggi di dunia," kata Hari.

Menurut dia, peluncuran produk insulin basal analog biosimilar itu ditandai dengan simposium bertema "The New Horizon in Type-2 Diabetes Mellitus Management", bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Endrokologi Indonesia Joglosemar.

"Simposium menghadirkan dua pembicara utama yakni Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr Sarwono Waspadji dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro  Darmono," katanya.

Sarwono Waspadji mengatakan ada dua kategori utama diabetes melitus yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 ditandai dengan kurangnya produksi insulin dan tipe 2 disebabkan penggunaan insulin yang kurang efektif oleh tubuh.

"Jumlah pengidap diabetes terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun terutama untuk diabetes tipe 2. Data WHO memperkirakan jumlah penderita diabetes tipe 2 di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 21,3 juta jiwa pada 2030," katanya.

Product Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk. Fauzi Imam Sambodo mengatakan salah satu pilihan insulin basal adalah insulin glargine yang merupakan insulin analog kerja panjang yang dihasilkan melalui teknologi rekombinan DNA menggunakan bakteri E.Coli.

"Insulin tersebut memiliki kerja hingga 24 jam dan memiliki manfaat untuk mengontrol kadar glukosa darah saat basal, dan diharapkan juga dapat mengontrol glukosa darah sepanjang hari," kata Fauzi.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Rebusan Air Jambu Bisa Kurangi Kadar Gula Penderita Diabetes

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Hasil penelitian mahasiswa Lampung menunjukkan pemberian air rebusan buah jambu biji berpengaruh menurunkan kadar gula darah para penderita diabetes.Dedi Rahayu, mahasiswa

  • 12 bulan lalu

    Sulit Menawarkan Insulin kepada Penderita Diabetes

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Medan, Sumatera Utara, Syarifuddin Ritonga menyatakan tidak mudah untuk menawarkan insulin kepada penderita diabetes meskipu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99