Jumat, 28 Feb 2020

Jangan Terlalu Banyak Minum Minuman Bersoda

Senin, 13 Jun 2016 09:43
BAGIKAN:
JAKARTA (EKSPOSnews): Untuk menhindari berbagai jenis penyakit, konsumen diminta hati-hati memilih minuman yang pas bagi tubuh. Jangan Terlalu Banyak minum minuman yang mengandung soda karena bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Adapun minuman yang patut diwaspadai adalah:

1. Teh

Sebenarnya teh juga mengandung kafein meskipun lebih sedikit jika dibsndingkan dengan kopi. Sehingga kalau dikonsumsi, teh bisa menyebabkan peningkatan produksi air seni. Perlu waspada agar tidak terkena dhidrasi.

Teh juga mengandung suatu senyawa yang disebut dengan polifenol yang dapat mengikat zat besi sehingga tubuh tidak akan mampu menyerap zat besi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

Bahkan dalam waktu jangka panjang, gangguan penyerapan zat besi ini dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Atau dalam bahasa awamnya dikenal dengan nama kurang darah.

Anemia difisiensi besi ini sering terjadi pada anak-anak, tapi mungkin juga pada orang dewasa. Yang akibatnya bisa mempengaruhi gangguan kognitif atau kecerdasan.

2. Soda dan minuman kemasan

Minuman bersoda atau bisa disebut dengan minuman berkarbonisasi, seringkali dikonsumsi oleh semua orang pada saat ini. Perlu diketahui bahwa minuman bersoda juga mengandung kafein sebagaimana teh atau kopi.

Kalau bisa hindari atau batasi konsumsi minuman bersoda karena lebih banyak dampak buruknya ketimbang sisi baiknya bagi kesehatan tubuh.

Nol kalori atau zero calories seringkali digunakan untuk minuman bersoda ini. Dia tak mengandung zat gizi bagi manusia, malah memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas jika dikonsumsi secara rutin.

Soda juga bisa mengurangi nafsu makan. Akibatnya, asupan zat gizi melalui makanan juga akan berkurang. Menurunkan kadar kalsium yang bisa mengakibatkan tulang menjadi rapuh, merusak gigi dan masih banyak lagi efek negatifnya bagi kesehatan.

Itulah dua macam minuman yang mesti diwaspadai oleh semuanya pada zaman modern ini. (viva.co.id)

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Satgas Yonmek Gagalkan Penyelundupan Ribuan Botol Miras

    MERAUKE (EKSPOSnews): Meskipun memasuki perayaan Natal, nampaknya tak menjadi beban bagi para pelaku penyelundup miras untuk melancarkan aksinya.  Jalur penghubung antara Indonesia dan Papua Nugi

  • tahun lalu

    Minuman Tradisional dari Aceh Timur

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Sekelompok ibu rumah tangga di Gampong Alue Ie Itam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur berhasil mengolah rempah-rempah tradisonal menjadi aneka minuman yang berkhasi

  • tahun lalu

    Pemilik Pabrik Minuman Keras Oplosan Divonis 20 Tahun Penjara

    BANDUNG (EKSPOSnews): Pemilik pabrik minuman keras oplosan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sansudin Simbolon, divonis hukuman 20 tahun penjara karena terbukti bersalah telah meracik dan menjual mira

  • tahun lalu

    Minuman Sehat Saat Perut Kosong

    JAKARTA (EKSPOSnews): Apakah yang Anda lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas? Untuk menghidrasi tubuh, baiknya Anda meneguk minuman sehat dan bukan kopi atau teh.Berikut ini akan dibahas beberapa

  • tahun lalu

    Membagikan Minuman Kopi Ala Kereta Api

    SEMARANG (EKSPOSnews): PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang membagikan setidaknya 5.000 cup kopi gratis kepada para penumpang di atas kereta api (KA) dan Stasiun Tawang Semarang."K

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99