Rabu, 12 Des 2018

Ikan Sarden Mengandung Cacing Ditemukan di Siak

Oleh: Jallus
Sabtu, 24 Mar 2018 06:47
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan sarden.
SIAK (EKSPOSnews): Dinas perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak, Riau juga menemukan cacing dalam kemasan ikan sarden makarel merek "Farmerjack" saat melakukan peninjauan ke lapangan.

"Setelah beredarnya informasi bahwa beberapa merek sarden yang dirilis BPOM mengandung cacing, kami langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Siak, Hendra di Siak, Jumat 23 Maret 2018.

Dia katakan, timnya juga menyaksikan secara langsung sarden Mackerel merek Farmerjack mengandung cacing. Dari empat sarden yang dibuka untuk dijadikan sampel, semuanya mengandung cacing.

"Sarden-sarden merek tersebut sudah langsung ditariknya dari beberapa distributor di Siak. Namun tim Disperindag Siak mengalami kesulitan menjangkau hingga kampung-kampung. Sebab yang banyak menjual sarden merek-merek yang mengandung parasit itu berada di warung-warung kecil," ungkapnya.

Dia mengatakan, Disperindag sudah menyurati camat-camat untuk menyebarluaskan surat edaran dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Pekanbaru kepada masyarakat, untuk tidak lagi mengkonsumsi ikan sarden merek yang dirilis.

Sebelumnya BBPOM di Pekanbaru telah mengeluarkan rilis bahwa ikan Mackerel dalam saos tomat merek IO, HOKI dan Farmerjack mengandung parasit jenis nematoda (Anisakis sp).

Cacing Anisakis sp adalah parasit yang dapat menimbulkan masalah pada ikan hingga pada manusia, sehingga bila dikonsumsi tanpa dimasak, atau dalam keadaan setengah masak, akan mengakibatkan penyakit.

BBPOM juga telah mengeluarkan surat peringatan keras dan sanksi ke importir tiga merk tersebut. Importir harus melakukan penarikan terhadap produk yang masih beredar di pasar, dan akan terus diawasi oleh BBPOM.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Polres Siak Tangkap Buruh Pemerkosa Wanita

    SIAK (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Siak, Riau berhasil membekuk dua buruh yang telah memperkosa dan menganiaya DR (18) dan kekasihnya SR (20).Kapolres Siak AKBP Ahmad Davis diwakili Kasat Reskrim AKP

  • 3 bulan lalu

    Tour de Siak Ajang Promosi Wisata

    SIAK (EKSPOSnews): Bupati Siak Syamsuar mengatakan, perhelatan "Tour de Siak" yang sudah menjadi agenda tahunan sebagai ajang promosi pariwisata serta memberi dampak pada peningkatan jumlah kunjungan

  • 4 bulan lalu

    Kasus AIDS di Siak Melonjak

    SIAK (EKSPOSnews): Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Siak, Provinsi Riau terus mengalami peningkatan dari 164 kasus pada 2017 menjadi 194 kasus hingga pertengahan 2018."Pada tahun 2002 di Kabupaten Siak, ha

  • 5 bulan lalu

    OTT di BPN Siak

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Riau membenarkan telah menggelar operasi tangkap tangan di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Siak yang sebelumnya santer terdengar beberapa wak

  • 8 bulan lalu

    Makanan Mengandung Cacing

    KARAWANG (EKSPOSnews): Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menunggu laporan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terkait temuan cacing dalam produk makarel kaleng."

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99