Jumat, 17 Agu 2018

Ikan Sarden Bercacing Ditarik Distributor

Oleh: Jallus
Minggu, 25 Mar 2018 05:52
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan sarden.
JAMBI (EKSPOSnews): Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi telah menerima laporan dari agen atau distributor yang menarik 62.191 kaleng sarden ikan 'mackerel' dalam saus tomat dari tiga produk.

Kepala BPOM Jambi Ujang Supriyatna, di Jambi, mengatakan bahwa sejauh ini dari penelusuran dan pemantauan terkait tiga produk yang dinyatakan mengandung sejenis cacing dalam produk sarden tersebut, terdapat pada sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

"Sejak beberapa hari kemarin pihaknya telah menemukan sebanyak 62.191 kaleng produk sarden yang ditarik agen dan distributornya," ujarnya, Sabtu 24 Maret 2018.

Temuan tersebut juga sudah ditindaklanjuti bahkan sudah ditarik oleh pihak distributor yang bersangkutan, adapun ketiga produk yang ditemukan itu merek Farmerjack dan Hoki, sedangkan IO belum ditemukan di Jambi.

"Kami menemukan 62.191 kaleng merek Hoki, kemudian di Kabupaten Batanghari setelah dicek terdeteksi adanya cacing, kami akan perdalam lagi atas temuan itu untuk mengetahui jenis cacingnnya," kata Ujang.

Dia juga menyampaikan terhadap temuan ini masyarakat di Provinsi Jambi untuk tidak resah dan hanya perlu waspada saja, bila ditemukan produk Hoki dan IO agar segera melaporkannya kepada pihak terkait.

"Kami imbau masyarakat bila menemukan produk tersebut segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan setempat atau bisa langsung ke BPOM Jambi biar kami tindaklanjuti," kata Ujang Supriyatna.

Ketiga produk sarden yang kini beredar merupakan produk impor. Produk ini telah ditarik setelah ditemukan di outlet minimarket yang dijual bebas di tengah masyarakat dan diduga mengandung cacing.

Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan POM Pusat telah menginstruksikan penarikan produk ikan mackerel dan sarden kaleng dari pasaran karena diduga mengandung cacing di dalam produk tersebut.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Amankan Gudang Ikan Kaleng Bercacing

    BEKASI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengamankan gudang penyimpanan produk ikan dalam kemasan kaleng yang dilarang beredar oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan karena mengandung

  • 4 bulan lalu

    Cabut Izin Importir Ikan Kaleng Bercacing

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago mendesak pemerintah dapat segera mencabut izin impor ikan makarel yang produk kalengannya ternyata bermasalah karena mengandung cacing

  • 5 bulan lalu

    Seluruh Ikan Kaleng Bercacing Harus Ditarik

    SOLO (EKSPOSnews): Manajemen pusat perbelanjaan Hypermart di Solo Grand Mal (SGM) telah menarik seluruh produk ikan makarel kaleng seiring dengan beredarnya pemberitaan mengenai ditemukannya cacing da

  • 5 bulan lalu

    Jangan Beli Ikan Sarden, Cacing Berbahaya!

    JAMBI (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan peringatan publik (public warning) kepada warga di daerah itu terkait 27 produk makanan kemasan

  • 5 bulan lalu

    BPOM Aceh Temukan Ikan Kaleng Bercacing

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menemukan tiga merek ikan kaleng diduga mengandung parasit cacing."Ada tiga merek ikan kaleng atau sarden makarel yang didug

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99