Minggu, 21 Jul 2019

Ibu Hamil Bisa Minum Kopi

Oleh: Jallus
Senin, 29 Apr 2019 14:17
BAGIKAN:
istimewa.
Ibu hamil.
PURWOKERTO (EKSPOSnews): Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD Margono Soekarjo Purwokerto Setya Dian Kartika mengatakan ibu hamil diperbolehkan minum kopi asal tidak berlebihan atau masih dalam batas wajar.

"Kopi boleh saja asal dibatasi, maksimal dua cangkir per hari, tidak boleh lebih dari itu," katanya di Purwokerto, Senin 29 April 2019.

Dia menjelaskan, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang terlalu banyak dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak kesehatan yang kurang baik bagi ibu dan janin. "Apalagi kalau ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag, lebih baik membatasi konsumsi kopi selama kehamilan."

Dia juga menambahkan, ibu hamil juga diperbolehkan mengonsumsi air putih dingin.

"Air putih dingin atau air putih yang dicampur dengan es batu diperbolehkan selama ibu hamil tidak sedang flu atau batuk pilek."

Yang perlu dihindari, kata dia, apabila air dingin yang dikonsumsi memiliki kandungan gula yang tinggi. "Misalnya, es teh manis, es jeruk manis, es campur, es teler, es sirup, dan lain sebagainya perlu dibatasi karena asupan gula yang tinggi pada ibu hamil dapat memicu diabetes gestasional atau tipe diabetes yang terjadi pada wanita hamil."

Diabetes gestasional, kata dia, bisa dikontrol dengan pola makan yang sehat, mengurangi asupan gula, dan olah raga teratur. "Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional, dan asupan gula berlebihan, dikhawatirkan membuat janin dalam kandungan lebih beresiko berkembang terlalu besar, oleh karena itu kuncinya adalah makan sehat dan tidak berlebihan termasuk dalam mengonsumsi kafein dan gula selama kehamilan."

Dia juga mengingatkan agar ibu hamil lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan yang tinggi zat besi selama masa kehamilan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    7 Ibu Hamil Positif HIV

    AMBON (EKSPOSnews): Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Maluku menyebutkan sebanyak tujuh orang ibu hamil posisitf mengidap penyakit HIV/AIDS.Dari 5.700 orang ibu hamil tujuh diantarnya terindik

  • 9 bulan lalu

    Mayoritas Ibu Hamil di Indonesia Alami Anemia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Hampir separuh atau sebanyak 48,9 persen ibu hamil di Indonesia mengalami anemia atau kekurangan darah, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018.Berdasarkan dat

  • 2 tahun lalu

    Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Buat Biskuit untuk Ibu Hamil

    SURABAYA (EKSPOSnews): Empat mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya membuat biskuit untuk ibu hamil trimester pertama dalam mengatasi mual yang diberi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99