Senin, 26 Feb 2018

Gizi Buruk Landa Nias

Oleh: Jallus
Kamis, 18 Jan 2018 13:29
BAGIKAN:
istimewa.
Anak-anak.
GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Sejumlah balita penderita gizi buruk di enam kecamatan di Kabupaten Nias, Sumatera Utara, mendapat bantuan bahan pangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

"Bantuan bahan pangan itu berupa beras, gula pasir, kacang hijau, biskuit dan susu bubuk," kata Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, di Nias, Kamis 18 Januari 2018.

Ia mengatakan, pemenuhan bahan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Ketahanan pangan terdiri atas tiga pilar utama, yaitu ketersediaan pangan, aksesibilitas pangan dan konsumsi serta pemanfaatan pangan, sementara masalah yang terjadi di Kabupaten Nias menyangkut aspek konsumsi.

"Saat ini, sebagaian besar masyarakat hanya mengonsumsi beras, dan kurang mengonsumsi bahan pangan seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, pangan hewani, maupun sayur dan buah, sehingga kondisi tersebut tidak menguntungkan, khususnya dari segi kesehatan," katanya.

Jika ditinjau dari segi kesehatan, kata dia, pola konsumsi yang baik adalah pola konsumsi yang dapat memberikan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kesehatan sekaligus kemampuan inteligensia khususnya bagi balita.

Semakin beragam pangan yang dikonsumsi maka akan semakin lengkap pula zat gizi yang dapat terpenuhi.

Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara melakukan upaya perbaikan gizi masyarakat melalui kegiatan penanganan gizi buruk dan daerah rawan pangan berupa pemberian bantuan.

"Dengan adanya upaya perbaikan gizi masyarakat melalui pemberian bantuan, mutu gizi masyarakat, khususnya bagi penerima manfaat semakin meningkat, sehingga kesehatan balita terus meningkat dan masalah gizi buruk dan kurang gizi di Kabupaten Nias dapat teratasi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Tim Satgas Terpadu Data Penderita Gizi Buruk di Asmat

    TIMIKA (EKSPOSnews): Tim Satgas Terpadu Kemanusiaan untuk Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, masih terus melakukan pendataan dan penanganan penderita gizi buruk dan campak di wilayah Agats.Kabid Humas P

  • 4 minggu lalu

    Nias Fokus Sektor Pertanian

    NIAS (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, fokus pada sektor pertanian, sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruw

  • satu bulan lalu

    Polres Nias Tangkap Penyelundup Minyak Tanah

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Polres Nias menangkap WG pelaku penyeludup minyak tanah bersubsidi dengan barang bukti mobil Pick-up bermuatan kelapa, 27 jerigen berisi minyak tanah bersubsidi dan 9 jerige

  • satu bulan lalu

    Pelindo 1 Gunungsitoli Kerja Sama dengan BUMN Nias

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Gunungsitoli menandatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Nisel Cemerlang dan

  • satu bulan lalu

    Campak dan Gizi Buruk di Papua

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Papua segera mengirim sebanyak dua ton makanan tambahan ke Kabupaten Asmat untuk diberikan kepada warga di kawasan perkampungan yang dilaporkan banyak anak-anak

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99