Sabtu, 26 Mei 2018

Gizi Buruk Landa Nias

Oleh: Jallus
Kamis, 18 Jan 2018 13:29
BAGIKAN:
istimewa.
Anak-anak.
GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Sejumlah balita penderita gizi buruk di enam kecamatan di Kabupaten Nias, Sumatera Utara, mendapat bantuan bahan pangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

"Bantuan bahan pangan itu berupa beras, gula pasir, kacang hijau, biskuit dan susu bubuk," kata Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, di Nias, Kamis 18 Januari 2018.

Ia mengatakan, pemenuhan bahan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Ketahanan pangan terdiri atas tiga pilar utama, yaitu ketersediaan pangan, aksesibilitas pangan dan konsumsi serta pemanfaatan pangan, sementara masalah yang terjadi di Kabupaten Nias menyangkut aspek konsumsi.

"Saat ini, sebagaian besar masyarakat hanya mengonsumsi beras, dan kurang mengonsumsi bahan pangan seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, pangan hewani, maupun sayur dan buah, sehingga kondisi tersebut tidak menguntungkan, khususnya dari segi kesehatan," katanya.

Jika ditinjau dari segi kesehatan, kata dia, pola konsumsi yang baik adalah pola konsumsi yang dapat memberikan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kesehatan sekaligus kemampuan inteligensia khususnya bagi balita.

Semakin beragam pangan yang dikonsumsi maka akan semakin lengkap pula zat gizi yang dapat terpenuhi.

Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara melakukan upaya perbaikan gizi masyarakat melalui kegiatan penanganan gizi buruk dan daerah rawan pangan berupa pemberian bantuan.

"Dengan adanya upaya perbaikan gizi masyarakat melalui pemberian bantuan, mutu gizi masyarakat, khususnya bagi penerima manfaat semakin meningkat, sehingga kesehatan balita terus meningkat dan masalah gizi buruk dan kurang gizi di Kabupaten Nias dapat teratasi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Usut Dalang Pelaku Utama Pembobol Nasabah BRI di Nias

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Penyidik Polres Nias terus melakukan pengembangan untuk mengungkap pelaku utama pembobol uang nasabah di Bank BRI Kantor Kas Lotu, Kabupaten Nias Utara.Kapolres Nias melalui

  • 3 minggu lalu

    PLN Salurkan Bantuan Pendidikan ke Nias Selatan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaan untuk membantu dunia pendidikan di Kabupaten Nias Selatan.Ba

  • 2 bulan lalu

    Tokoh Nias Minta Majukan Pariwisata dan Perikanan

    GUNUNG SITOLI (EKSPOSnews): Sejumlah tokoh masyarakat dan mantan pejabat di Kepulauan Nias mengharapkan Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mampu memajukan sektor kepariwisataan dan pe

  • 3 bulan lalu

    Jembatan Darurat di Nias Barat Ambruk

    NIAS BARAT (EKSPOSnews): Jembatan darurat Saono di Desa Tiga Serangkai, Kecamatan Lahomi yang selama ini merupakan jembatan penghubung beberapa desa menuju ibu kota Kabupaten atau kantor bupati Nias B

  • 4 bulan lalu

    Tim Satgas Terpadu Data Penderita Gizi Buruk di Asmat

    TIMIKA (EKSPOSnews): Tim Satgas Terpadu Kemanusiaan untuk Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, masih terus melakukan pendataan dan penanganan penderita gizi buruk dan campak di wilayah Agats.Kabid Humas P

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99