Rabu, 23 Agu 2017

Diabetes Jadi Momok Menakutkan

Oleh: Marsot
Sabtu, 29 Apr 2017 07:38
BAGIKAN:
istimewa
Pemeriksaan kesehatan rutin.
KUPANG (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Kupang menempatkan petugas kesehatan terlatih di 11 puskesmas di daerah itu, untuk memantau perkembangan penyakit diabetes warga di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Petugas kesehatan terlatih yang ada di puskesmas itu setiap harinya bertugas memantau sejumlah penyakit yang diderita warga setempat, termasuk penyakit diabetes," kata Kepala Bidang Penanggulangan dan Pengamatan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih di Kupang, Sabtu 29 April 2017.

Sri mengatakan hal itu menjawab langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk memantau dan mendata perkembangan penyakit diabetes yang sudah mulai mengkhawatirkan dunia medis Tanah Air.

Bahkan, penyakit yang penyebabnya karena genetik dan juga pola makan itu, telah menjadi perhatian dunia.

Dia menjelaskan petugas kesehatan di setiap puskesmas di Kota Kupang telah diminta untuk melakukan pendataan dan monitoring sejumlah penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular.

Untuk diabetes, katanya, masuk dalam kelompok penyakit yang tidak menular (PTM) dan berkaitan dengan organ dalam manusia.

Terhadap penyakit itu juga, katanya, setiap petugas medis, diberikan pelatihan khusus untuk bisa mengetahui gejala untuk selanjutnya mendata perkembangan penderita penyakit itu di wilayah kerja puskesmas.

Setiap petugas, kata Sri, akan melakukan pengukuran tensi badan pasien, juga termasuk kadar gula dalam darah, melakukan survei dan obeservasi serta melakukan olahraga bersama pasien, memanfaatkan BPJ Prolanis.

"Itu yang bisa kami lakukan di puskesmas dan jika membutuhkan penanganan lanjutan akan langsung dirujuk ke RS Umum S.K. Lerik Kota Kupang atau ke RSU Johannes sebagai rumah sakit rujukan tingkat akhir," katanya.

Meski terus melakukan pemantauan dengan petugas terlatih, hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kota Kupang masih belum memiliki data pasti terkait dengan jumlah pasien diabetes.

Hal itu, katanya, karena, diabetes masih belum masuk dalam 10 penyakit terbesar yang diderita masyarakat di daerah setempat.

"Yang sudah masuk antara lain hipertensi yang berada pada urutan enam dari 10 penyakit, sedangkan diabetes belum masuk daftar," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya terus melakukan upaya sosialiasi dan penyadaran akan kehidupan yang lebih sehat, dengan menjaga pola makan sehat dan hidup teratur dengan berolahraga.

Diabetes melitus, yang di Indonesia dikenal juga dengan istilah penyakit kencing manis itu, terjadi karena kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan bahwa ada prevalensi 13,5 persen masyarakat Indonesia mempunyai berat badan berlebih dan prevalensi 15,4 persen untuk obesitas.

Hal itu membuat pengidap diabetes di Indonesia ada sekitar 10 juta jiwa, ke-4 terbesar di dunia, seperti diperkirakan oleh International Diabetes Federation (IDF).


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Rebusan Air Jambu Bisa Kurangi Kadar Gula Penderita Diabetes

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Hasil penelitian mahasiswa Lampung menunjukkan pemberian air rebusan buah jambu biji berpengaruh menurunkan kadar gula darah para penderita diabetes.Dedi Rahayu, mahasiswa

  • 4 minggu lalu

    Tanaman Torbangun Berkhasiat Mengobati Penderita Diabetes

    MANGUPURA (EKSPOSnews): Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Rizal Damanik mengatakan tanaman torbangun sangat berkhasiat untuk mengobati penderita yang memiliki penyakit diabetes melitus."T

  • 5 bulan lalu

    Kalbe Farma Luncurkan Insulin untuk Penderita Diabetes

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): PT Kalbe Farma Tbk. meluncurkan produk insulin basal analog biosimilar pertama di Indonesia yang ditujukan untuk penderita diabetes melitus."Pentingnya insulin bagi penderita

  • 9 bulan lalu

    Sulit Menawarkan Insulin kepada Penderita Diabetes

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Medan, Sumatera Utara, Syarifuddin Ritonga menyatakan tidak mudah untuk menawarkan insulin kepada penderita diabetes meskipu

  • tahun lalu

    Penderita Diabetes di Indonesia Meningkat Terus

    JAKARTA (EKSPOSnews): Diabetes merupakan salah satu penyakit paling umum di Indonesia. Djoko menuturkan dalam 20 tahun terakhir penderita diabetes di Indonesia meningkat 67%. Angka ini jauh lebih ting

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak