Selasa, 26 Mei 2020

Bongkar Peredaran Obat Palsu di Indonesia

Jumat, 15 Jul 2016 23:29
BAGIKAN:
Medis (ilustrasi).
JAKARTA (EKSPOSnews): Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan pengungkapan kasus vaksin palsu bisa menjadi saat yang tepat untuk membongkar fenomena obat palsu di Indonesia.

"Vaksin palsu hanya salah satu permasalahan pemalsuan produk-produk farmasi atau obat-obatan palsu di Indonesia yang sebenarnya masih sangat marak," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat 15 Juli 2016.

Untuk membongkar fenomena pemalsuan produk-produk farmasi, Tulus mengatakan penguatan kelembagaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), termasuk dalam pengawasan reguler, harus dilakukan.

"Bila pemerintah mengatakan bahwa BPOM harus direstrukturisasi, kembalikan saja peran BPOM yang selama ini justru diamputasi Kementerian kesehatan," tuturnya.

Menurut Tulus, selama ini Kementerian Kesehatan dan dinas-dinas kesehatan di daerah tidak bisa melakukan pengawasan optimal di sisi hilir. Sudah saatnya pengawasan di hilir itu diberikan kepada BPOM.

Kementerian Kesehatan telah mengumumkan 14 rumah sakit yang diduga memberikan vaksin palsu kepada pasiennya. Namun, Tulus menilai pengumuman itu belum cukup memberikan rasa aman bagi pasien yang menjadi korban vaksin palsi.

Menurut Tulus, pasien tidak akan mendapatkan rasa aman bila manajemen rumah sakit tidak terbuka sejak kapan mereka menggunakan vaksin palsu untuk mengimunisasi pasien.

"Kemenkes harus bisa memaksa rumah sakit untuk membuka data dan nama pasien yang menjadi korban vaksin palsu untuk kemudian diberikan vaksinasi ulang atau pengecekan secara acak bila tidak ada vaksinasi ulang," katanya. (ant)

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Selamat Bekerja Para Menteri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 34 menteri  Kabinet Indonesia Maju dan empat kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.Para menteri yang dilan

  • 9 bulan lalu

    Penyelundupan Barang China Rugikan Indonesia Triliunan Rupiah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Polda Metro Jaya berhasil menggagalkan penyelundupan jutaan produk ilegal asal China dan potensi kerugian negara akibat masuknya barang-barang ilegal ini diperkirakan mencapai Rp

  • 12 bulan lalu

    Jepang Buka Lowongan Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia

    MANADO (EKSPOSnews): Peluang kerja ke luar negeri terbuka lebar bagi calon-calon pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sulut yang ingin bekerja di negara Jepang."Hal ini menyusul ditandatanganinya Memor

  • 12 bulan lalu

    Aroma Kopi Indonesia di Jerman

    JAKARTA (EKSPOSnews): Booth kopi Indonesia kembali menjadi magnet di ajang pameran kopi internasional “specialty coffee internasional, World of Coffee 2019 Berlin, Jerman, yang berlangsung dari tang

  • 12 bulan lalu

    Semen Indonesia Group Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Semen Indonesia Group (SMIG) memberikan santunan kepada 231 anak yatim yang berada di daerah operasi perusahaan tersebut yakni Lhoknga dan Leupung Kabupaten Aceh Besar, Provin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99