Minggu, 21 Jan 2018

Bio Farma Akan Produksi Vaksin Antidiferi

Oleh: alex
Sabtu, 13 Jan 2018 20:11
BAGIKAN:
istimewa.
Bio Farma.
BANDUNG (EKSPOSnews):  Perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) akan membuat antidifteri serum (ADS) yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada saat ini.

Direktur Utama Bio Farma Juliman di kantor Bio Farma Bandung, mengatakan harga serum yang diproduksi Bio Farma akan seperlima lebih murah.

Juliman menjelaskan harga serum Bio Farma bisa jauh lebih terjangkau karena dengan memproduksi seluruhnya di dalam negeri dibandingkan membayar produk impor dari luar negeri.

Sebagai gambaran, katanya, harga satu dosis ADS berkisar antara Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Dalam penanganan pasien difteri diperlukan bisa sampai delapan kali penggunaan serum.

Sehingga perkiraan biaya penggunaan ADS untuk satu pasien bisa mencapai Rp20 juta. Juliman memastikan, biaya penggunaan ADS hasil produksi Bio Farma bisa seperlima jauh lebih murah dari kisaran tersebut.

"Sebenarnya ADS dulu kami bisa buat, tapi dengan impor barang setengah jadi. Karena pabrik pemasoknya tutup, kami sekarang impor dari India beli jadi," ujar dia, Sabtu 13 Januari 2018.

Bio Farma rencananya akan meluncurkan produk ADS sendiri pada September atau Oktober 2018.

Produk ADS yang nantinya akan dibuat Bio Farma diproduksi mulai dari pembuatan bahan baku sejak awal hingga berbentuk serum yang siap digunakan. Kapasitas produksi untuk ADS tersebut bisa mencapai 15.000 vial.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Bio Farma Akan Luncurkan Obat Kanker Payudara Lebih Murah

    BANDUNG (EKSPOSnews): Bio Farma berencana tahun 2019 meluncurkan obat biosimilar khusus untuk kanker payudara dengan harga lebih murah daripada di pasaran saat ini.Peneliti senior Bio Farma Erman Trit

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99