Senin, 24 Sep 2018

Beban Kanker Payudara Makin Meningkat

Oleh: alex
Kamis, 12 Jul 2018 04:02
BAGIKAN:
istimewa.
Cancer payudara.
JAKARTA (EKSPOSnews): Badan PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan berbagai data rumah sakit, organisasi, dan studi menunjukkan beban kanker payudara makin meningkat menyusul kian banyak pasien penyakit itu yang ditemui pada stadium lanjut.

Berdasarkan data WHO yang dikutip di Jakarta, hampir 50 persen kasus kanker payudara dan 58 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara berkembang.

Menurut catatan medis dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, hampir 85 persen pasien kanker payudara datang ke rumah sakit dalam stadium lanjut.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Gumelar juga memperkirakan 70 persen pasien kanker payudara didiagnosis pada stadium lanjut.

Selain itu, pada studi Asean Cost In Oncology (ACTION) mayoritas partisipan yang mengidap kanker payudara didiagnosis kanker pada stadium III sebanyak 37 persen, pada stadium II 37,7 persen, dan stadium IV 21 persen, sedangkan hanya 7,3 persen yang didiagnosis pada stadium I.

Dokter Hematologi-Onkologi Medik Rumah Sakit Kanker Dharmais Nugroho Prayogo, mengatakan angka harapan hidup seseorang pada kanker payudara stadium 0 ialah 100 persen, pada stadium I 98 persen, stadium II 88 persen, stadium III 52 persen, dan pada stadium IV 16 persen.

Dalam studi ACTION yang dilakukan oleh Goerge Institute for Global Health dalam menganalisis beban finansial yang disebabkan oleh kanker di delapan negara Asia Tenggara, disebutkan bahwa diagnosis kanker berpotensi menjadi petaka dalam keluarga.

"Di Indonesia, 70 persen pasien kanker mengalami kematian atau kesulitan keuangan dalam tahun pertama setelah diagnosis," ujarnya, Rabu 11 Juli 2018.

Beban akibat kanker payudara diperkirakan akan terus bertambah seiring meningkatnya gaya hidup tidak sehat masyarakat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Liverpool Miliki Kiper Termahal di Dunia

    LONDON (EKSPOSnews): Klub Liga Utama Inggris Liverpool merekrut kiper Brazil, Alisson asal klub AS Roma, Kamis (Jumat WIB) dengan bayaran yang memecahkan rekor baru untuk seorang penjaga gawang.Menuru

  • 4 bulan lalu

    Di Blitar Dana BOS Dipakai Beli Buku Yang Jauh Lebih Mahal

    BLITAR (EKSPOSnews): Generasi Muda Kelud (Gelud)  menyoroti pembelian buku pelajaran oleh sekolah-sekolah di kabupaten Blitar, Jawa Timur yang menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).K

  • 6 bulan lalu

    Kopi Gayo Pantas Dihargai Mahal

    TAKENGON (EKSPOSnews): Buyer asal Afrika Selatan, Paul Du Plessis, mengakui keistimewaan kopi Arabica Gayo dari Kabupaten Aceh Tengah, sehingga pantas dihargai mahal di pasaran dunia."Mereka harus inj

  • 10 bulan lalu

    Tarif Tol Kuala Namu-Tebing Tinggi Terlalu Mahal

    LUBUK PAKAM (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempertimbangkan potongan tarif khusus kendaraan truk golongan II sampai V guna meningkatkan lalu lintas harian rata-ra

  • 11 bulan lalu

    Kopi Luwak Bali Seharga Rp60 juta per Kilogram

    BANDUNG (EKSPOSnews): Pembina Asosiasi Coffe Specialty Indonesia Setra Yuhana menuturkan harga kopi termahal di Indonesia dihasilkan di Pulau Bali yakni Kopi Luwak Hutan Bercinta yang harga jualnya me

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99