Minggu, 22 Okt 2017

Balai POM Diminta Tingkatkan Pengawasan

Oleh: Marsot
Jumat, 09 Jun 2017 15:58
BAGIKAN:
istimewa
Badan POM.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Yayasan Lembaga Konsumen Sumatera Selatan meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan meningkatkan pengawasan berbagai makanan dan minuman yang dijual pedagang di pasar tradisional dan tempat lainnya selama Ramadan 1438 Hijriah.

"Masih sering ditemukan makanan dan minuman berbuka puasa mengandung bahan kimia serta pewarna berbahaya bagi kesehatan manusia, untuk melindungi masyarakat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat itu perlu dilakukan pengawasan peredarannya secara ketat oleh BPOM," kata Ketua YLK Sumsel Hibzon Firdaus di Palembang, Jumat 9 Juni 2017.

Menurut dia, pengawasan makanan dan minuman perlu ditingkatkan karena hingga kini masih sering ditemukan pedagang di pasar tradisional dan sejumlah tempat lainnya menjual makanan dan minuman yang mengandung formalin, pewarna tekstil dan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Selain itu, berdasarkan hasil pengawasan di lapangan dan laporan masyarakat hingga kini masih sering ditemukan produk tanpa label Standar Nasional Indonesia (SNI) dan makanan dalam kemasan dari luar negeri tanpa izin edar," katanya.

Dia menjelaskan selain diperlukan pengawasan dan tindakan penertiban secara tegas oleh pihak berwenang, pihaknya mengimbau masyarakat teliti sebelum memutuskan membeli makanan dan minuman sehingga tidak menjadi korban pemasaran produk yang mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan.

Jika masyarakat menemukan produk makanan dan minuman yang dicurigai menggunakan bahan kimia dan zat pewarna berbahaya bagi kesehatan sebaiknya tidak membeli barang tersebut.

"Melalui upaya tersebut diharapkan dapat dicegah beredarnya makanan dan minuman yang dapat merugikan konsumen dan mengganggu kenyamanan serta kenikmatan warga muslim menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan 1438 Hijriah," ujar Hibzon.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Tingkatkan Pengawasan, Cegah Korupsi

    PADANG (EKSPOSnews): Pengadilan Tinggi Padang, Sumatera Barat, akan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh Pengadilan Negeri (PN) di bawah jajarannya untuk penecegahan korupsi."Pengawasan akan kami

  • 5 bulan lalu

    BPOM Pontianak Temukan Makanan Mengandung Borak

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Barat menemukan pangan mengandung borak yang dijual di Pasar Juadah Ramadhan di Kabupaten Sambas."Di Sambas kami menemukan d

  • 5 bulan lalu

    BPOM Temukan Rhodamin pada Makanan Takjil

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Memasuki pekan kedua Ramadan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Pekanbaru berhasil menemukan zat berbahaya yakni rhodamin B pada kolak delima, es doger, bubur delima dan bor

  • 5 bulan lalu

    Badan POM Temukan Bahan Berbahaya pada Makanan Berbuka

    PADANG (EKSPOSnews): Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Barat menemukan bahan berbahaya di dua lokasi jajanan berbuka puasa di Kota Padang."Hari ini merupakan hari kedua pemeriks

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99