Senin, 22 Jul 2019

Awas...Kanker Serviks!

Oleh: Jallus
Rabu, 21 Feb 2018 17:01
BAGIKAN:
istimewa.
Sel cancer.
MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan wanita diminta untuk senantiasa mewaspadai kanker mulut rahim atau yang lebih dikenal kanker serviks mengingat penyakit tersebut tidak tampak atau tidak bisa dilihat secara kasat mata karena berada di dalam vagina.

"Begitu terjadi gejala seperti pendarahan atau keputihan aroma bauk busuk, penderita sudah berada di tingkat stadium awal bahkan stadium akhir hingga kemungkinan sembuh sangat mustahil," Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara, Evi Diana di Medan, Rabu 21 Februari 2018.

Ia mengatakan virus-virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks di antaranya virus human papilloma yang membuat vagina terinfeksi pada awal.

Bila tidak diobati dengan segera menyebabkan terjadi kanker dan bisa dipastikan usia dari penderita hanya menghitung bulan.

"Penderita umumnya pada usia produktif 30 hingga 50 tahun yang tak hanya mengganggu kualitas hidup baik secara psikis dan fisik saja, kehidupan seksual hingga berdampak pada kehidupan sosial hingga ekonomi keluarga," ujarnya.

Untuk itu, dia menegaskan, demi pencegahan kaum wanita terkena kanker serviks harus dilakukan pemeriksaan sejak dini khususnya bagi yang sudah pernah melakukan hubungan seks, "Tidak hanya itu, hindari pernikahan muda, kehamilan sering, merokok, infeksi menular dari seksual yang menyebabkan terinfeksinya vagina," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya menekan angka kematian akibat kanker mulut rahim dengan cara menyosialisasikan dan memberi pengetahuan tentang penyakit tersebut kepada masyarakat luas, terutama kaum ibu di usia rentan 30-50 tahun.

YKI Sumut juga secara rutin melakukan penyuluhan tentang kanker mulut rahim serta pemeriksaan pap smear gratis bagi wanita yang berada di Kota Medan maupun Sumut.

"Penyakit kanker mulut rahim yang juga dikenal kanker serviks sering diabaikan. Untuk itu, pencegahan kanker tersebut sejak dini mutlak dilakukan," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Kanker Serviks Bisa Sembuh

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penderita penyakit kanker mulut rahim atau kanker serviks mempunyai kemungkinan hingga 90 persen untuk sembuh jika baru pada tahap awal dan ditangani sejak dini."Semakin dini dik

  • 4 bulan lalu

    50 Perempuan Meninggal Setiap Hari karena Kanker Serviks

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli kesehatan  Venita menyebutkan sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks yang berarti 18.000 lebih perempuan Indonesia meninggal dal

  • 5 bulan lalu

    Wanita Bersama Andi Arief di Hotel Bukan Politisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan perempuan yang berada di dalam kamar hotel bersama politisi AA (Andi Arief) bukan caleg dari Partai Nasdem."Ya, betul inisialnya L,

  • 5 bulan lalu

    Wanita di Indonesia Semakin Banyak Jadi Pemimpin

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani mengatakan wanita di era Presiden Joko Widodo memiliki peluang sebagai pemimpin ba

  • 9 bulan lalu

    Kanker Serviks Hantui Wanita

    MEDAN (EKSPOSnews): Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia mengajak kaum wanita untuk melakukan pendektesian kanker serviks sejak dini melalui "pap smear", sehingga nantinya akan lebih memudahkan penang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99