Selasa, 19 Jun 2018

Awas...Kanker Serviks!

Oleh: Jallus
Rabu, 21 Feb 2018 17:01
BAGIKAN:
istimewa.
Sel cancer.
MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan wanita diminta untuk senantiasa mewaspadai kanker mulut rahim atau yang lebih dikenal kanker serviks mengingat penyakit tersebut tidak tampak atau tidak bisa dilihat secara kasat mata karena berada di dalam vagina.

"Begitu terjadi gejala seperti pendarahan atau keputihan aroma bauk busuk, penderita sudah berada di tingkat stadium awal bahkan stadium akhir hingga kemungkinan sembuh sangat mustahil," Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara, Evi Diana di Medan, Rabu 21 Februari 2018.

Ia mengatakan virus-virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks di antaranya virus human papilloma yang membuat vagina terinfeksi pada awal.

Bila tidak diobati dengan segera menyebabkan terjadi kanker dan bisa dipastikan usia dari penderita hanya menghitung bulan.

"Penderita umumnya pada usia produktif 30 hingga 50 tahun yang tak hanya mengganggu kualitas hidup baik secara psikis dan fisik saja, kehidupan seksual hingga berdampak pada kehidupan sosial hingga ekonomi keluarga," ujarnya.

Untuk itu, dia menegaskan, demi pencegahan kaum wanita terkena kanker serviks harus dilakukan pemeriksaan sejak dini khususnya bagi yang sudah pernah melakukan hubungan seks, "Tidak hanya itu, hindari pernikahan muda, kehamilan sering, merokok, infeksi menular dari seksual yang menyebabkan terinfeksinya vagina," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya menekan angka kematian akibat kanker mulut rahim dengan cara menyosialisasikan dan memberi pengetahuan tentang penyakit tersebut kepada masyarakat luas, terutama kaum ibu di usia rentan 30-50 tahun.

YKI Sumut juga secara rutin melakukan penyuluhan tentang kanker mulut rahim serta pemeriksaan pap smear gratis bagi wanita yang berada di Kota Medan maupun Sumut.

"Penyakit kanker mulut rahim yang juga dikenal kanker serviks sering diabaikan. Untuk itu, pencegahan kanker tersebut sejak dini mutlak dilakukan," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kanker Serviks Bisa Diantisipasi

    KEDIRI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Kediri mengungkapkan penyakit kanker serviks memang termasuk penyakit yang tingkat kematiannya cukup tinggi, namun hal itu bisa diantisipasi dengan pola hidup

  • 4 bulan lalu

    Pertamina Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pertamina Marketing Operation Region I menggelar pemeriksaan dan deteksi kanker serviks sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan perempuan.Pemeriksaan kanker serviks tersebu

  • 5 bulan lalu

    Mengamankan Wanita dari Sejumlah Kafe di Sumbar

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasaman Barat dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengamankan 14 wanita penghibur dari sejumlah kafe dan temp

  • 7 bulan lalu

    Dokter Tembak Isteri Pernah Perkosa Wanita Lain

    JAKARTA (EKSPOSnews): Polres Metro Jakarta Timur mengungkapkan Dokter Helmi yang diduga menembak mati istrinya Letty Sultri pernah memperkosa seorang karyawati salah satu klinik di Jakarta Timur."Tapi

  • 10 bulan lalu

    Penderita Kanker Serviks di Indonesia Bertambah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jumlah perempuan penderita kanker serviks di Indonesia sekitar 21 ribu kasus per tahun sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara dengan urutan kedua tertinggi di dunia, kata

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99