Jumat, 21 Sep 2018

Awas...Kanker Serviks!

Oleh: Jallus
Rabu, 21 Feb 2018 17:01
BAGIKAN:
istimewa.
Sel cancer.
MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan wanita diminta untuk senantiasa mewaspadai kanker mulut rahim atau yang lebih dikenal kanker serviks mengingat penyakit tersebut tidak tampak atau tidak bisa dilihat secara kasat mata karena berada di dalam vagina.

"Begitu terjadi gejala seperti pendarahan atau keputihan aroma bauk busuk, penderita sudah berada di tingkat stadium awal bahkan stadium akhir hingga kemungkinan sembuh sangat mustahil," Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara, Evi Diana di Medan, Rabu 21 Februari 2018.

Ia mengatakan virus-virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks di antaranya virus human papilloma yang membuat vagina terinfeksi pada awal.

Bila tidak diobati dengan segera menyebabkan terjadi kanker dan bisa dipastikan usia dari penderita hanya menghitung bulan.

"Penderita umumnya pada usia produktif 30 hingga 50 tahun yang tak hanya mengganggu kualitas hidup baik secara psikis dan fisik saja, kehidupan seksual hingga berdampak pada kehidupan sosial hingga ekonomi keluarga," ujarnya.

Untuk itu, dia menegaskan, demi pencegahan kaum wanita terkena kanker serviks harus dilakukan pemeriksaan sejak dini khususnya bagi yang sudah pernah melakukan hubungan seks, "Tidak hanya itu, hindari pernikahan muda, kehamilan sering, merokok, infeksi menular dari seksual yang menyebabkan terinfeksinya vagina," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya menekan angka kematian akibat kanker mulut rahim dengan cara menyosialisasikan dan memberi pengetahuan tentang penyakit tersebut kepada masyarakat luas, terutama kaum ibu di usia rentan 30-50 tahun.

YKI Sumut juga secara rutin melakukan penyuluhan tentang kanker mulut rahim serta pemeriksaan pap smear gratis bagi wanita yang berada di Kota Medan maupun Sumut.

"Penyakit kanker mulut rahim yang juga dikenal kanker serviks sering diabaikan. Untuk itu, pencegahan kanker tersebut sejak dini mutlak dilakukan," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    2 Wanita Bawa Sabu-Sabu Diamankan di Kuala Namu

    MEDAN (EKSPOSnews): Petugas Aviation Security Bandar Udara Kuala Namu mengamankan dua penumpang wanita yang membawa narkoba jenis sabu-sabu pada Selasa dinihari.Branch Communication and Legal Manager

  • 4 minggu lalu

    Pejabat Amerika Dituding Meraba Bokong Wanita

    NEW YORK (EKSPOSnews): Mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, yang membantu menanggulangi wabah Ebola di Afrika barat tahun 2014, pada Jumat ditangkap dan di

  • 3 bulan lalu

    Wanita Arab Saudi Mulai Jalan-Jalan dengan Mobil

    RIYADH (EKSPOSnews): Kaum wanita Arab Saudi menyusuri jalan-jalan dengan mobil mereka pada minggu pagi, menandai akhir larangan terakhir di dunia terhadap pengemudi wanita, yang telah lama dipandang s

  • 5 bulan lalu

    Kanker Serviks Bisa Diantisipasi

    KEDIRI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Kota Kediri mengungkapkan penyakit kanker serviks memang termasuk penyakit yang tingkat kematiannya cukup tinggi, namun hal itu bisa diantisipasi dengan pola hidup

  • 7 bulan lalu

    Pertamina Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pertamina Marketing Operation Region I menggelar pemeriksaan dan deteksi kanker serviks sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan perempuan.Pemeriksaan kanker serviks tersebu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99