Kamis, 23 Mei 2019

Anak Harus Diberi Sarapan

Oleh: marsot
Rabu, 10 Apr 2019 18:51
BAGIKAN:
Anak sedang memasak.
JAKARTA (EKSPOSnews): Kemampuan kinestetik anak  dapat terganggu jika anak tidak sarapan pagi, kata Komisioner KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) bidang kesehatan dan Napza Sitti Hikmawatty di Jakarta.

Sitti yang pernah melakukan penelitian tentang pengaruh sarapan terhadap anak telah melakukan uji coba untuk kemampuan kinestetik anak seperti lari sprint, tangkap bola dan juga terkait ketahanan tubuh, hasilnya anak yang tidak sarapan gerakannya cenderung lambat.

Kemampuan kinestetik adalah kecerdasan dalam melakukan gerakan tubuh serta kemampuan memahami pelajaran dalam praktik langsung.

"Penemuan di lokasi tersebut, 30 persen anak juga mengalami malnutrisi terkait pola makan yang tidak teratur," kata Sitti, Rabu 10 April 2019.

Dia mengatakan banyak orang tua yang abai terhadap sarapan anaknya, padahal sarapan merupakan waktu makan utama selain makan siang dan makan malam.

Dia mengatakan, sarapan harus dapat mencukupi 30 persen kebutuhan gizi harian anak, dia juga menyarankan untuk menyiapkan makanan pagi yang sederhana.

Menurut Sitti, ada rumus 3J yang dapat digunakan untuk mengatur pola makan, yaitu: jumlah makanan harus sesuai kalori yang dibutuhkan tubuh, jenis makanan harus beranekaragam dan jadwal makan harus tetap yaitu makan pagi, siang, malam dan dua kali makan selingan.

Dia pun tidak menyarankan orang tua membawakan bekal untuk anak sebagai pengganti sarapan, karena bekal berfungsi untuk mengontrol agar anak makan makanan yang sehat dan tidak jajan sembarangan.

"Kalau dia bawa bekal lalu melewatkan sarapan, itu tidak baik, misalnya dia terakhir makan malam pukul 19.00 WIB, tidur selama delapan jam, lalu tidak sarapan dan baru sarapan setelah pukul 10.00 WIB, berarti ada sekitar 15 jam lambungnya tidak terisi makanan. Hal itu dapat menyebabkan pengikisan lambung," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    BUMN Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri dari PT PLN, PTPN1 dan Adhi Karya, menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan menyantuni 1.000 anak yatim Aceh.Santunan anak yatim d

  • satu minggu lalu

    Pertamina Santuni Anak Yatim

    JAMBI (EKSPOSnews):  Pertamina Asset 1 Jambi memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan bantuan untuk panti asuhan dan pondok pesantren di Kota Jambi, dalam rangkaian safari Ramadhan 1440 Hi

  • 3 minggu lalu

    PTPN IV Santuni Anak Yatim dan Berikan Penghargaan

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN IV menyantuni anak yatim dan memberikan penghargaan pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkai dengan menyambut bulan Ramadhan 1440H.Seratus anak

  • 4 minggu lalu

    Mendidik Anak dengan Cara Dialogis

    AMBON (EKSPOSnews): Aktivis perempuan dan anak asal Maluku, Lies Marantika mengimbau orang tua di Indonesia untuk mendidik anak-anaknya dengan cara dialogis."Kebanyakan orang tua kita tidak dialogis d

  • 4 minggu lalu

    Anak TKI di Sabah Dapat Beasiswa

    SABAH (EKSPOSnews): Tahun ajaran 2019-2020, Pemerintah Indonesia menggelontorkan beasiswa pendidikan kepada 500 anak warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah dam Sarawak Malaysia untu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99