Minggu, 22 Okt 2017

Tidak Ada Negara di Dunia Ini Seperti Indonesia, Ratusan Suku dan Ribuan Bahasa

Oleh: Alex
Minggu, 13 Agu 2017 19:00
BAGIKAN:
istimewa
Presiden RI kunujungi Pesantren.
JEMBER (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyambangi Empat Pondok Pesantren di wilayah Jember pada hari pertama kunjungan kenegaraan di Wilayah Jember Jawa Timur, Sabtu, 12 Agustus 2017.
 
santriwan dan santriwati sudah bersiap menyambut kedatangan Presiden sejak pagi. Pasukan pengamanan presiden juga sudah siaga mengamankan situasi, dan memeriksa kedatangan tamu yang masuk di halaman Pondok Pesantren.
 
Kedatangan presiden, dapat membawa inspirasi bagi masyarakat Jember terutama santri di wilayah Jember. para santri juga ingin menunjukkan kepada presiden selama ini, nilai-nilai butiran Islam yang diajarkan di pesantren sudah menggoreskan butiran Pancasila.
 
Selain mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Islam, Joko Widodo juga mendatangi Pondok Pesantren Al-Amien, pesantren Assuniah dan Pesantren  Al-Qodiri.
 
Kepala Negara mengatakan, bahwa negara Indonesia ini adalah negara yang sangat besar. "Itu kalau dibentangkan, Indonesia kalau ke barat, itu sudah hampir sampai ke Turki," kata Kepala Negara.
 
Lanjut Presiden,  Ia menambahkan bahwa tidak ada negara manapun yang memiliki 17.000 pulau, memiliki 516 kabupaten dan kota, memiliki 34 provinsi, 714 suku seperti Indonesia ini, serta lebih dari 1.100 bahasa daerah.
 
"Tidak ada negara dimanapun negara dengan ragam seperti kita," ungkap Presiden.
 
Presiden Jokowi mengaku dirinya selalu menyampaikan tentang ragam ras, ragam suku, ragam budaya adalah sebuah karunia Allah SWT yang dimiliki oleh Indonesia. Presiden juga menyampaikan bahwa semua harus menyukuri dan memaksimalkan hal ini untuk bisa bersaing dengan negara lain.
 
"Hal ini akan menjadi sebuah kekuatan, akan menjadi sebuah potensi keberagaman apabila kita bisa menyatukan, apabila kita bisa mempersatukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga bisa bersaing dan berkompetisi dengan negara-negara yang lain," tutur Presiden.
 
Kepala Negara lantas menceritakan, bahwa ia mempelajari perbedaan bahasa di Indonesia dalam setiap kunjungan kerja ke daerah, yang walau berada di provinsi sama namun berbeda bahasa sapaannya.
 
"Inilah keberagaman kita dari Sabang sampai Merauke, inilah keberagaman kita dari Miangas sampai Rote," kata Kepala Negara
 
Untuk itu, Presiden Jokowi mengingatkan kembali tentang potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia. Keberagaman dan luas wilayah Indonesia adalah potensi kekuatan.
 
Presiden juga meminta agar dalam kehidupan muamalah sehari-hari untuk terus menjaga persaudaraan, baik sebagai saudara sesama muslim dalam sebuah ukhuwah islamiyah juga sebagai saudara sebangsa dan setanah air dalam bingkai ukhuwah wathoniah.
 
Tanpa menjaga itu, lanjut Presiden, negara ini akan menjadi negara yang lemah, itulah yang sangat disenangi oleh asing. "Kalau asing melihat kita lemah, asing melihat kita retak, mereka akan masuk semuanya karena sumber daya alam, baik di laut maupun di darat negara ini sangat besar," tegasnya.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Program Infrastuktur Joko Widodo Jauh Lebih Baik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua MPR RI Mahyudin menilai Presiden Joko Widodo selama tiga tahun pemerintahannya memiliki program pembangunan infrastruktur yang lebih baik."Program pembangunan infrast

  • 4 hari lalu

    Perppu Ormas Tak Represif

    BANDUNG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membantah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Ormas bersifat represif karena justru dalam penyusunannya dibuat secara demokratis."Kesimpula

  • 7 hari lalu

    Presiden Joko Widodo Sindir Wali Kota Medan

    HUTAGINJANG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meminta agar Wali Kota Medan Dzulm Eldin segera memperbaiki sejumlah jalan rusak di kota tersebut sebelum Presiden sendiri yang menyelesaikannya."Ya haru

  • satu minggu lalu

    Putri Presiden Joko Widodo Diberikan Marga Siregar

    MEDAN (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo berkunjung ke rumah calon besannya di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah, Kota Medan, Jumat malam, 13 Oktober 2017 sekitar pukul 20.10 WIB,

  • satu minggu lalu

    Presiden Joko Widodo Resmikan Tol di Sumatera Utara

    KUALA NAMU (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol Medan-Binjai dan ruas Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah dengan panjang 52 kilometer.Peresmian tersebut ditandai dengan penekan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99