Selasa, 26 Mei 2020

Presiden Serahkan Sertifikat di Sukabumi

Oleh: Marsot
Kamis, 31 Agu 2017 15:44
BAGIKAN:
marsot
Sertifikat.
SUKABUMI (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan sebanyak 5.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Sukabumi, Jawa Barat.

"Setahun biasanya mengeluarkan 500 ribu sertifikat seluruh Indonesia. Tapi tahun ini 5 juta sertifikat mau kita keluarkan, tahun depan 7 juta sertifikat," kata Presiden dalam sambutannya saat acara penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat se-Sukabumi di lapangan Sekolah Pembentukan Perwira, Sukabumi, Kamis 31 Augustus 2017.

Menurut Presiden, sertifikat itu berguna sebagai bukti hukum hak kepemilikan atas tanah untuk menghindari sengketa.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta masyarakat yang hendak memanfaatkan sertifikat sebagai jaminan pinjaman modal untuk menghitung kemampuan keuangan secara matang.

"Ingat, saya titip, kalau pinjam uang di bank itu dihitung, dikalkulasi, bisa nyicil tidak, bisa bayar tidak. Saya hanya titip hati-hati," ujar Jokowi.

Kemudian, Kepala Negara di depan ribuan masyarakat yang hadir juga menitipkan agar sertifikat dijaga dengan baik agar tidak rusak.

Sementara itu Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menjelaskan sebanyak 2.500 warga asal Kota Sukabumi dan 2.395 orang dari Kabupaten Sukabumi menghadiri penyerahan sertifikat itu.

Sofyan menyebut pemanfaatan sertifikat untuk jaminan pinjaman modal di Provinsi Jawa Barat besar dengan mencapai Rp92,1 triliun pinjaman modal yang telah digelontorkan.

Dengan sertifikat itu, pemerintah daerah juga mendapatkan pendapatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp1,1 triliun pada 2017.

Dari sebanyak 19.852.000 bidang tanah di Jawa Barat, sebanyak 6.482.000 bidang sudah mendapatkan sertifikat, jelas Sofyan.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Sertifikat Lahan untuk Kampung Tua di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah akan menerbitkan sertifikat lahan untuk Kampung Tua di Kota Batam, Kepulauan Riau, kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi.Ia menjelaskan di Batam, dengan kebijakan itu, maka

  • tahun lalu

    Warga Tenang Setelah Mendapat Sertifikat Tanah

    JAMBI (EKSPOSnews): Program sertifikasi tanah memberikan kepastian hukum dan ketenangan kepada masyarakat Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi yang menerima bantuan legalitas kepemilikan tanah itu."De

  • tahun lalu

    Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Bangka Belitung

    PANGKAL PINANG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Provinsi Bangka Belitung untuk menghindari sengketa."Yang masuk ke telinga saya sengketa tanah

  • tahun lalu

    Menyerahkan Sertifikat Gratis di Aceh Besar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Jalil menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.“Sertifikat tanah

  • tahun lalu

    Magang Bersertifikat Ala Pelindo 1

    PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengadakan induksi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan mengusung tema “Learn and Work Together“ pada Senin, 11 Maret 2019 di Ruan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99