Kamis, 21 Jun 2018

Presiden Serahkan Sertifikat di Sukabumi

Oleh: Marsot
Kamis, 31 Agu 2017 15:44
BAGIKAN:
marsot
Sertifikat.
SUKABUMI (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan sebanyak 5.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Sukabumi, Jawa Barat.

"Setahun biasanya mengeluarkan 500 ribu sertifikat seluruh Indonesia. Tapi tahun ini 5 juta sertifikat mau kita keluarkan, tahun depan 7 juta sertifikat," kata Presiden dalam sambutannya saat acara penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat se-Sukabumi di lapangan Sekolah Pembentukan Perwira, Sukabumi, Kamis 31 Augustus 2017.

Menurut Presiden, sertifikat itu berguna sebagai bukti hukum hak kepemilikan atas tanah untuk menghindari sengketa.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta masyarakat yang hendak memanfaatkan sertifikat sebagai jaminan pinjaman modal untuk menghitung kemampuan keuangan secara matang.

"Ingat, saya titip, kalau pinjam uang di bank itu dihitung, dikalkulasi, bisa nyicil tidak, bisa bayar tidak. Saya hanya titip hati-hati," ujar Jokowi.

Kemudian, Kepala Negara di depan ribuan masyarakat yang hadir juga menitipkan agar sertifikat dijaga dengan baik agar tidak rusak.

Sementara itu Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menjelaskan sebanyak 2.500 warga asal Kota Sukabumi dan 2.395 orang dari Kabupaten Sukabumi menghadiri penyerahan sertifikat itu.

Sofyan menyebut pemanfaatan sertifikat untuk jaminan pinjaman modal di Provinsi Jawa Barat besar dengan mencapai Rp92,1 triliun pinjaman modal yang telah digelontorkan.

Dengan sertifikat itu, pemerintah daerah juga mendapatkan pendapatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp1,1 triliun pada 2017.

Dari sebanyak 19.852.000 bidang tanah di Jawa Barat, sebanyak 6.482.000 bidang sudah mendapatkan sertifikat, jelas Sofyan.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Presiden Bagi Sertifikat di Kuningan

    KUNINGAN (EKSPOSnews0: Presiden Joko Widodo membagikan 7.000 sertifikat tanah kepada warga masyarakat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat."Yang kita serahkan hari ini adalah 7.000 sertifikat, tetapi yan

  • 4 minggu lalu

    Remaja Hina Presiden Joko Widodo Serahkan Diri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Polda Metro Jaya mengamankan remaja berinisial S (16) yang menghina dan mengancam Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial menyerahkan diri."Sekarang masih dipe

  • 4 minggu lalu

    Joko Widodo Bagikan Sertifikat di Sumatera Barat

    PADANG (EKSPOSnews): Presiden RI Joko Widodo membagikan 510 sertifikat tanah wakaf untuk masjid, mushalla dan lembaga pendidikan yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) dalam kunjungan kerja ke Padang, Se

  • 2 bulan lalu

    Orchard Park Batam Serahkan Sertifikat Bangunan

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Dimas Pratama Indah salah satu anak perusahaan dari PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sebagai pengembang Orchard Park Batam melaksanakan serah terima Sertifikat Hak Guna Bangu

  • 2 bulan lalu

    BPN Sumut Akan Daftarkan Ratusan Bidang Tanah

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Pertanahan Nasional atau BPN Sumut akan mendaftarkan 210.000 bidang tanah untuk mendukung reforma agraria yang menjadi agenda strategis nasional yang tercantum dalam Nawacita

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99