Kamis, 19 Sep 2019

Presiden Jokowi Ajak USU Buka Jurusan Sesuai Perkembangan Teknologi

Oleh: Tawanli
Selasa, 09 Okt 2018 05:20
BAGIKAN:
tawanli
Joko Widodo, Presiden RI orasi di USU.
MEDAN (EKSPOSnews): Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Orasi Ilmiah di Universitas Sumatera Utara (USU), dalam acara Dies Natalis USU ke-66 tahun.  

Dalam Orasi Ilmiahnya, Jokowi mengajak pimpinan perguruan tinggi untuk bersama-sama membangun ekosistem bagi pengembangan kewirausahaan, dengan bersama-sama membangun tumbuhnya start up-start up bisnis, membangun ekosistem yang mendorong munculnya pebisnis pemula, dan mendorongnya menjadi besar.

Di Era globalisasi saat ini kita dituntut memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi (IT) dan perkembangan teknologi yang cepat. Maka Perguruan tinggi tidak hanya memfokuskan pada pengembangan pengetahuan ilmiah dan teoritis.

"Harus mau menyesuaikan perubahan perubahan dunia yang begitu cepat, khusunya USU saya mendorong supaya ada jurusan atau fakulas yang menyesuaikan apa yang terjadi di dunia sekarang ini, misalnya Cryptocurency atau Perkembangan mata uang digital, Event Robotic, dll,"kata Jokowi  yang didampingi Rektor USU Runtung Sitepu, Senin 8 Oktober 2018.

Sebelumnya  Jokowi menyebutkan  semangat kewirausahaan bangsa Indonesia ini masih rendah. Ia menunjuk contoh dalam Global Entepreneurship Index tahun 2017, peringkat kewirausahaan Indonesia ada di nomor ke 90 dari 137 negara. Sementara di tingkat Asia Pasifik, lanjut Presiden, peringkat Indonesia 16 dari 24 negara. Jumlah inovasi dan paten Indonesia, sambung Presiden, juga masih rendah yaitu peringkat 87 dari 137 negara.

"Artinya, masih banyak pekerjaan besar yang harus kita selesaikan,mari mengembangkan skema-skema pembiayaan untuk memperkuat alternatif pembiayaan bagi bisnis-bisnis pemula," ucap Presiden Jokowi.

Ditegaskannya, bahwa kewirausahaan tidak semata-mata menghasilkan profit bagi perusahaan, tapi juga melahirkan benefit bagi masyarakat luas, yang berusaha menjadi sociopreneur yang memecahkan masalah sosial melalui cara-cara kewirausahaan.

Presiden berharap agar perguruan tinggi mampu meningkatkan perannya dalam pengembangan ekosistem untuk menciptakan para sociopreneur. Untuk itu, lanjut Presiden, cara-cara baru harus dikembangkan, kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan.

"Para sociopreneur yang memecahkan masalah-masalah di masyarakat harus kita dukung, bahwa pendidikan tinggi memang harus mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan teknologi sesuai perkembangan zaman," tutupnya.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Membangun Rusunawa untuk Warga Bantaran Sungai

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Medan berencana merevitalisasi pemukiman warga daerah aliran sungai (DAS) dengan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Namun, untuk merealisasik

  • 3 bulan lalu

    67 Pelaku Kericuhan Mei Masih Anak-Anak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 67 dari total 447 orang yang ditangkap karena diduga sebagai perusuh dalam aksi di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta, pada 21-22 Mei 2019 masih berusia di bawah umur."Ter

  • 3 bulan lalu

    Kerusuhan di Buton, Polisi Tetapkan 32 Orang Tersangka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 36 dari 82 orang yang sudah ditangkap dalam kasus bentrok antara warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, telah ditetapkan sebagai

  • 4 bulan lalu

    Polisi Masih Dalami Aktor Rusuh Mei

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepolisian masih kekurangan bukti dalam mengungkap aktor intelektual di balik kericuhan Aksi 22 Mei dan terus melalukan pendalaman."Perlu pendalaman alat bukti yang dimiliki, nan

  • 4 bulan lalu

    Korban Pelecehan Oknum Dosen USU Diminta Melapor

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu, menyarankan mahasiswi yang menjadi korban dugaan pelecehan yang dilakukan oknum dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99