Rabu, 27 Mei 2020

Presiden Joko Widodo Minta Karnaval Pesona Danau Toba Jadi Agenda Tahunan

Senin, 22 Agu 2016 05:25
BAGIKAN:
istimewa
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irina Jokowi.

BALIGE (EKSPOSnews): Presiden RI Joko Widodo menginginkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba menjadi agenda tahunan agar bisa semakin mempromosikan kawasan wisata itu bahkan daerah Indonesia lainnya.

"Dari parade yang ditampilkan terlihat perbedaan yang menggambarkan kesatuan dan persatuan. Saya senang sekali," katanya pada acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Minggu 21 Agustus 2016.

Menurut Presiden, kalau saja kebudayaan itu dipertahankan, kemudian perbedaan tetapi tetap bersatu itu dipelihara, maka terlihatlah karakter bangsa, identitas bangsa.

Karnaval dimulai dengan pemukulan gondang yang bersama-sama dihitung oleh masyarakat dengan menggunakan bahasa daerah.

Saat itu Presiden dan Gubernur Sumut mengenakan Ulos Ragidup Sirara yang biasa diperuntukkan bagi kaum bapak atau orang yang terhormat atau para raja.

Sedangkan ibu negara Iriana Joko Widodo beserta Ny Evi Diana Erry Nuradi mengenakan ulos Tum-Tumon, untuk kaum ibu yang disebut-sebut sudah mulai langka.

Sebelum melepas karnaval , Presiden dan rombongan disuguhi pertunjukan tari lima puak dari lima sub etnik batak.

Karnaval menampilkan ulos sepanjang 500 meter yang sebelumnya memperoleh MURI.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Karnaval Kemerdekaan Pesina Danau Toba merupakan wujud komitmen Presiden untuk memperluas rangkaian perayaan kemerdekaan.

"Karnaval bertujuan agar atmosfer 17 Agustus juga terasa di luar Pulau Jawa," katanya.

Adanya penerbangan langsung dari dan menuju Bandara Kuala Namu, Sumut serta adanya rute ke Silangit, diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan .

Kementerian Pariwisata sendiri menargetkan dapat mendatangkan satu juta orang wisatawan ke Danau Toba pada tahun 2019.

Sementara Gubernur Sumut T Erry Nuradi, mengatakan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba menjadi tonggak kemajuan dan kejayaan pariwisata Danau Toba.

"Melalui momentum itu, Danau Toba kembali dikenal masyarakat luas," kata Erry. Gubernur mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian Presiden Joko Widodo terhadap pengembangan pariwisata Danau Toba.

"Semuanya itu sangat berarti bagi masyarakat di sekitar Danau Toba dan masyarakat Sumut pada umumnya," ujar Erry.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo Bagikan Sertifikat Tanah di Bogor

    BOGOR (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membagikan 7.000 sertifikat lahan untuk masyarakat di Kabupaten dan Kota Bogor dan sekitarnya dalam program reforma agraria.Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir

  • 2 tahun lalu

    Presiden Perintahkan Rumah Zohri Direnovasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri yang

  • 2 tahun lalu

    Remaja Hina Presiden Joko Widodo Serahkan Diri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Polda Metro Jaya mengamankan remaja berinisial S (16) yang menghina dan mengancam Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial menyerahkan diri."Sekarang masih dipe

  • 2 tahun lalu

    Presiden Minta Perguruan Tinggi Buat Terobosan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meminta para rektor perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan terobosan besar dalam dunia pendidikan.Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat

  • 3 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo Bagikan Sertifikat di Pematangsiantar

    PEMATANGSIANTAR (EKSPOSnews): Masyarakat Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara dan Kabupaten Simalungun terlihat antusias ketika menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Kota Pematangsiantar, Se

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99