Kamis, 17 Agu 2017

Presiden Bagikan Sertifikat Tanah di Riau

Oleh: Agung
Minggu, 23 Jul 2017 17:23
BAGIKAN:
marsot
Sertifikat tanah.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membagikan 6.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Riau, dalam upaya memberikan kepastian hukum kepada pemilik atas tanah miliknya agar dikemudian hari tidak terjadi sengketa.

"Di provinsi Riau seharusnya ada 3,1 juta bidang yang sudah bersertifikat untuk seluruh masyarakat, tapi sampai saat ini baru bisa diberikan 1,1 juta berarti masih kurang 1,9 juta sertifikat yang harus kita kejar," kata Presiden Joko Widodo di lapangan stadion Kaharudin Nasution Pekanbaru, Riau, Minggu 23 Juli 2017.

Presiden didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno,dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Menurut Sofyan, ada 6.000 sertifikat yang diberikan dengan dihadiri 5.500 peserta "Seluruh Indonesia harusnya 126 juta sertifikat tapi yang dikerjakan baru 46 juta. Saya perintahkan Menteri BPN dibantu gubernur untuk segera diselesaikan," tegas Presiden.

Presiden mengungkapkan bahwa sebelumnya di Riau hanya terbit 10 ribu sertifikat tanah per tahun tapi sekarang dipaksa harus terbit 140 ribu sertifikat setiap tahunnya.

"Tahun ini terbit 5 juta, tahun depan 7 juta, tahun depannya lagi 9 juta, harus dipaksa begitu," ungkap Presiden.

Dengan mendapatkan sertifikat tanah, menurut Presiden, sengketa-sengketa lahan dapat diselesaikan.

"Sengketa-sengketa lahan akan selesai kalau masyarakat pegang yang namanya sertifikat karena kalau sudah pegang (sertifikat) ini diam. Kalau belum ada sertifikat yang ada hanya klaim-klaim, tapi kalau sertifikat sudah ada jadi enak tentram karena sudah pegang sertifikat," ungkap Presiden.

Presiden pun berpesan agar masyarakat benar-benar menghapal luas tanah yang tertera dalam setifikat tanah.

"Tolong semua tahu isi sertifikat ini apa. Apa betul meter persegi luas tanah jelas. Tolong diberikan plastik kalau disimpan dan gentingnya bocor tidak rusak dan difotokopi, kalau hilang mengurus ke kantor BPN lebih mudah mencarinya, dan kalau sertifikat disekolahkan di bank harus hati-hati, tolong dikalkulasi apakah keuntungan usahanya dapat dibayar untuk mencicil pokoknya," tambah Presiden.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan jumlah sertifikat tanah yang dibagikan di Riau baru 38 persen.

"Pembagian sertifikat tanah di Riau baru 38 persen. Sudah ada 1,1 juta bidang yang bersertifikat dan masih ada 1,9 juta bidang yang masih harus disertifikatkan. Rata-rata diberikan sertifikat 10-11 ribu bidang pada 2017.

Pembagian ini sudah naik 15 kali lipat dibanding periode sebelumnya," kata Sofyan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Presiden Minta Kasus Novel Segera Dirampungkan

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meminta agar kasus teror yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan dirampungkan dalam waktu sesegera mungkin."Saya sampaikan untuk segera, saya perintahkan

  • satu bulan lalu

    Putra Presiden Jokowi Dilaporkan ke Polisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Macam-macam saja ulah orang sekarang ini. Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dilaporkan ke Polres Bekasi Kota atas dugaan penodaan agama dan ujaran kebencian yan

  • 2 bulan lalu

    Presiden Bagikan Sertifikat di Cilacap

    CILAPCAP (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membagikan 2.550 sertifikat tanah untuk masyarakat di empat kabupaten di Jawa Tengah, yakni Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo.Presiden Joko Wi

  • 3 bulan lalu

    Inilah Dubes RI yang Dilantik Presiden

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo melantik enam Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk negara sahabat di Istana Negara Jakarta, Kamis 18 Mei 2018.Selain Dubes LB

  • 3 bulan lalu

    Presiden Bagikan Buku di Ternate

    TERNATE (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo (Jokowi), membagikan ratusan buku dan kaos bagi warga Ternate, mengawali kunjungan kerjanya di provinsi Maluku Utara selama dua hari.Warga yang menunggu Pres

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak