Jumat, 17 Agu 2018

Presiden Bagi Sertifikat di Kuningan

Oleh: Jallus
Jumat, 25 Mei 2018 12:40
BAGIKAN:
setpres.
Joko Widodo, Presiden RI.
KUNINGAN (EKSPOSnews0: Presiden Joko Widodo membagikan 7.000 sertifikat tanah kepada warga masyarakat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Yang kita serahkan hari ini adalah 7.000 sertifikat, tetapi yang kita undang hari ini adalah 2.500 undangan. Coba diangkat, saya mau hitung," kata Presiden saat acara pembagian sertifikat di GOR Rewangga Kuningan, Jumat 25 Mei 2018.

Kepala Negara mengatakan bahwa pemerintah ingin cepat menyelesaikan pembagian sertifikat tanah ini agar tidak ada masalah sengketa kepemilikan tanah.

"Karena setiap saya ke daerah, ke desa, masuk kampung selalu persoalannya sengketa lahan. Di mana-mana ada sengketa lahan," kata Jokowi.

Presiden mengatakan total seluruh tanah di Indonesia seharusnya ada 126 juta bidang yang harus disertifikatkan, tetapi hingga akhir 2014 baru 46 juta.

"Separuh saja belum ada, masih kurang 80 juta. Biasanya tiap tahun hanya 500 ribu yang bisa disertifikatkan. Bayangkan kita harus menunggu 160 tahun baru kita bisa pegang sertifikat," katanya.

Oleh sebab itu, Presiden menyatakan telah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil pada tahun ini menyelesaikan 7.000 sertifkat, tahun depan 9 juta yang harus diserahkan ke masyarakat.

"Jangan berlama-lama, jangan berbelit-belit, cepat. Karena tanpa kita pegang tanda bukti hak atas tanah pasti masih ada sengketa. Tapi kalau sudah pegang sertifikat mau apa," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga memberikan kuis kepada tiga orang untuk mendapatkan hadiah sepeda.

Tiga penerima hadiah sepeda ini adalah Kushadi yang berhasil melafalkan Pancasila, Haji Dadang yang berhasil menyebut sepuluh suku dan Titin yang bisa menyebut tujuh nama ikan.

Sofyan Djalil dalam pidato laporannya mengungkapkan bahwa 2.500 penerima sertifikat yang hadir berasal dari Kabupaten Majalengka sebanayak 500 orang, Kabupaten Kuningan 750 orang, Kabupaten Indramayu 500 orang, Kabupaten Cirebon 500 orang dan Kota Cirebon 500 orang.

"Tahun ini 2018 di Jawa Barat akan diterbitkan sertifikat untuk 1,3 juta bidang," kata Sofyan Djalil.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Ada Pungli pada Program Sertifikasi Gratis Pak Jokowi!

    PATI (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengeluhkan tingginya biaya pengurusan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikla

  • 4 minggu lalu

    Presiden Palestina Kutuk UU Sahkan Negara Yahudi

    RAMALLAH (EKSPOSnews): Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (19/7) mengutuk Parlemen Israel karena persetujuannya atas undang-undang "Negara Yahudi", yang menganggap Israel sebagai negara bangs

  • satu bulan lalu

    Presiden Perintahkan Rumah Zohri Direnovasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri yang

  • 2 bulan lalu

    Joko Widodo Dorong UMKM Naik Kelas

    SURABAYA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas dengan memberlakukan kebijakan yang menurunkan Pajak Pen

  • 3 bulan lalu

    Remaja Hina Presiden Joko Widodo Serahkan Diri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Polda Metro Jaya mengamankan remaja berinisial S (16) yang menghina dan mengancam Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial menyerahkan diri."Sekarang masih dipe

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99