Rabu, 14 Nov 2018

Presiden Bagi Sertifikat di Kuningan

Oleh: Jallus
Jumat, 25 Mei 2018 12:40
BAGIKAN:
setpres.
Joko Widodo, Presiden RI.
KUNINGAN (EKSPOSnews0: Presiden Joko Widodo membagikan 7.000 sertifikat tanah kepada warga masyarakat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Yang kita serahkan hari ini adalah 7.000 sertifikat, tetapi yang kita undang hari ini adalah 2.500 undangan. Coba diangkat, saya mau hitung," kata Presiden saat acara pembagian sertifikat di GOR Rewangga Kuningan, Jumat 25 Mei 2018.

Kepala Negara mengatakan bahwa pemerintah ingin cepat menyelesaikan pembagian sertifikat tanah ini agar tidak ada masalah sengketa kepemilikan tanah.

"Karena setiap saya ke daerah, ke desa, masuk kampung selalu persoalannya sengketa lahan. Di mana-mana ada sengketa lahan," kata Jokowi.

Presiden mengatakan total seluruh tanah di Indonesia seharusnya ada 126 juta bidang yang harus disertifikatkan, tetapi hingga akhir 2014 baru 46 juta.

"Separuh saja belum ada, masih kurang 80 juta. Biasanya tiap tahun hanya 500 ribu yang bisa disertifikatkan. Bayangkan kita harus menunggu 160 tahun baru kita bisa pegang sertifikat," katanya.

Oleh sebab itu, Presiden menyatakan telah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil pada tahun ini menyelesaikan 7.000 sertifkat, tahun depan 9 juta yang harus diserahkan ke masyarakat.

"Jangan berlama-lama, jangan berbelit-belit, cepat. Karena tanpa kita pegang tanda bukti hak atas tanah pasti masih ada sengketa. Tapi kalau sudah pegang sertifikat mau apa," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga memberikan kuis kepada tiga orang untuk mendapatkan hadiah sepeda.

Tiga penerima hadiah sepeda ini adalah Kushadi yang berhasil melafalkan Pancasila, Haji Dadang yang berhasil menyebut sepuluh suku dan Titin yang bisa menyebut tujuh nama ikan.

Sofyan Djalil dalam pidato laporannya mengungkapkan bahwa 2.500 penerima sertifikat yang hadir berasal dari Kabupaten Majalengka sebanayak 500 orang, Kabupaten Kuningan 750 orang, Kabupaten Indramayu 500 orang, Kabupaten Cirebon 500 orang dan Kota Cirebon 500 orang.

"Tahun ini 2018 di Jawa Barat akan diterbitkan sertifikat untuk 1,3 juta bidang," kata Sofyan Djalil.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memperoleh penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2018 untuk kategori Business P

  • 2 minggu lalu

    Presiden Minta Prosedur Pencairan Dana Peremajaan Sawit Dipangkas

    NUSA DUA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyoroti masih rumit dan berbelitnya prosedur bagi petani untuk mendapatkan dana peremajaan perkebunan kelapa sawit."Saya minta peremajaan kebun kelapa saw

  • 4 minggu lalu

    Presiden Tegur Manajemen BPJS Kesehatan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menegur dan meminta BPJS Kesehatan untuk mengembangkan manajemen sistem yang lebih baik dan lebih jelas agar rumah sakit memiliki kepastian pembayaran yang j

  • satu bulan lalu

    Presiden Joko Widodo Tinjau Palu

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah daerah terdampak bencana dan lokasi pengungsian korban bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu 3 Oktober 2018.Kepa

  • 2 bulan lalu

    Presiden Resmikan Jalan Tol Depok-Antasari

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Depok Antasari (Desari) Seksi I yang menyambungkan daerah Antasari hingga Brigif."Kita harapkan ini nanti akan mempercepat mobilitas ora

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99