Rabu, 20 Sep 2017

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Raksasa di Minahasa

Selasa, 27 Des 2016 10:42
BAGIKAN:
ist
Presiden Joko Widodo.

MINAHASA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bendungan berkapasitas raksasa mencapai 23 juta meter kubik yakni Bendungan Kuwil di Minahasa Utara akan rampung pada 2019.

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kota Manado,  menyempatkan diri untuk meninjau Bendungan Kuwil di Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara.

Presiden Jokowi mengatakan Waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara luasnya mencapai 308 hektare.

"Ini adalah Waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara luasnya 308 hektare, gede banget, ini besar, dengan kapasitas 23 juta meter kubik," kata Presiden Jokowi saat meninjau waduk yang sedang dalam proses pembangunan tersebut, Selasa 27 Desember 2016.

Jokowi mengatakan, waduk tersebut nantinya akan berfungsi untuk cadangan air baku di wilayah tersebut, meliputi Manado, Bitung, Minahasa Utara, dan sekitarnya.

"Fungsi kedua untuk mengatasi banjir, jadi banjir yang dulu melanda Manado berasal dari Sungai Tondano di sini, nanti juga ada fungsi pembangkit listrik. Ya tiga ini nanti ditambah untuk pariwisata, ini tugas gubernur," katanya.

Presiden menargetkan pembangunan waduk tersebut rampung pada 2019.

Terkait pembebasan lahan, Presiden mengatakan tidak ada masalah yang berarti dan dilakukan seiring dengan pembangunan.

Di lapangan sendiri masih ada sejumlah makam yang belum dipindahkan, namun disebutkan hanya persoalan teknis untuk memindahkannya.

"Ini dimulai sambil berjalan. Masih biasalah kita ini pokoknya asal pendekatannya baik bisa bebas," katanya.

Saat tiba di Bendungan Kuwil, Presiden disambut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan.

Peninjauan dipandu oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso.

Presiden saat meninjau proyek pembangunan bendungan tersebut sempat melihat panel dan maket data proyek, kemudian berkeliling singkat di lokasi tersebut.

Pada kesempatan itu, seperti biasanya Presiden Jokowi mengenakan pakaian berwarna putih dengan lengan setengah disingsingkan dipadu dengan celana hitam.

Setelah itu, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi pula oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menuju PLTP Unit 5 dan 6 Lahendong, Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Presiden Serahkan Sertifikat di Sukabumi

    SUKABUMI (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan sebanyak 5.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Sukabumi, Jawa Barat."Setahun biasanya mengeluarkan 500 ribu sertifikat seluruh Indonesia.

  • 2 bulan lalu

    Presiden Minta Kasus Novel Segera Dirampungkan

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meminta agar kasus teror yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan dirampungkan dalam waktu sesegera mungkin."Saya sampaikan untuk segera, saya perintahkan

  • 2 bulan lalu

    Presiden Bagikan Sertifikat Tanah di Riau

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membagikan 6.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Riau, dalam upaya memberikan kepastian hukum kepada pemilik atas tanah miliknya agar dikemudian hari ti

  • 3 bulan lalu

    Putra Presiden Jokowi Dilaporkan ke Polisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Macam-macam saja ulah orang sekarang ini. Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dilaporkan ke Polres Bekasi Kota atas dugaan penodaan agama dan ujaran kebencian yan

  • 3 bulan lalu

    Presiden Bagikan Sertifikat di Cilacap

    CILAPCAP (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membagikan 2.550 sertifikat tanah untuk masyarakat di empat kabupaten di Jawa Tengah, yakni Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo.Presiden Joko Wi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak