Rabu, 27 Mei 2020

Joko Widodo Kirim Profesor Bangun Papua

Kamis, 18 Agu 2016 15:15
BAGIKAN:
ist
Joko Widodo akan kirim profesor bangun Papua.

JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirim 24 profesor yang selama ini bekerja di Amerika Serikat untuk ikut membangun Papua terutama bidang pendidikan dan pangan.

"Saya sudah minta 24 profesor. Saya minta untuk menyiapkan pendidikan di Papua. Bangun sekolah vokasi," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada silaturahim dengan para teladan nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2016.

Ia mengatakan 24 profesor itu merupakan bagian dari 74 warga Indonesia yang menjadi profesor dan bekerja di Amerika Serikat.

Menurut dia, bentuk pembangunan pendidikan vokasi yang melibatkan 24 profesor itu masih akan dibicarakan dengan Universitas Cenderawasih dan Universitas Papua.

Selain itu, para profesor itu juga akan diminta untuk membangun pusat riset padi di Merauke, Papua.

"Saya ingin tidak hanya 24 profesor tapi semuanya," katanya.

Kepala Negara mengatakan saat itu sudah seharusnya Indonesia bisa menghargai orang yang berprestasi, mau bekerja keras, dan tidak membuat gaduh.

Ia mengatakan jika jumlah profesor yang di Amerika sebanyak 74 orang maka jumlah warga Indonesia yang bergelar doktor yang bekerja di negara adidaya itu bisa jadi jauh lebih banyak lagi.

"Profesor kita di Amerika ada 74. Pintar-pintar. Ini belum yang ada di Jepang, Korea Jerman. Saya belum bicara yang doktor. Yang doktor.berapa ratus," katanya menegaskan.

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan contoh banyak orang Indonesia yang bekerja di negara lain yang seharusnya bisa bekerja di dalam negeri.

Dia menyebutkan di Lembah Silikon, Amerika, ratusan orang Indonesia bekerja di pusat industri teknologi informasi itu.

"Saya beri contoh. Di Amerika coba dilihat. Siapa yang banyak kerja di Silicon Valley, siapa yang banyak. Orang terbaik dari India. Dari kita juga ada. Ratusan," katanya.

Karena itu, Kepala Negara terus berupaya agar makin banyak para profesor dan doktor warga Indonesia untuk mau bekerja di Indonesia.

Dia tidak ingin lagi ada orang Indonesia berprestasi justru diambil oleh orang lain atau lari ke negara lain.

Jokowi di Istana Kepresidenan menerima ratusan warga yang berprestasi dari seluruh Indonesia. Selain berdialog, Jokowi juga mengajak makan siang bersama.

Mereka sebelumnya juga diundang mengikuti upacara Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Para teladan yang diundang mulai dari guru, penyuluh, dokter, pemenang olimpiade sains hingga peraih medali di olah raga. (ant)


  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Prabowo Merapat ke Jokowi. Mau Jadi Menteri?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Merdeka, Jakarta disambut oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana

  • 11 bulan lalu

    Bibit Ganja Dibawa dari Papua Nugini

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Prajurit TNI yang menjaga perbatasan RI-PNG, Yonif PR 328/DGH berhasil mengamankan GS (32), seorang pemuda asal Waris, Kabupaten Keerom yang kedapatan membawa bibit ganja dari t

  • 11 bulan lalu

    Polda Papua Barat Amankan Kayu Merbau

    MONOKWARI (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Papua Barat mengamankan empat kontainer kayu merbau di pelabuhan Kota Sorong.Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey di Manokwa

  • 12 bulan lalu

    Papua Barat Akan Ekspor Langsung Kayu Merbau

    MANOKWARI (EKSPOSnews): Provinsi Papua Barat mulai tahun 2020 akan melaksanakan kegiatan pengiriman secara langsung kayu merbau ke sejumlah negara di wilayah Asia dan Eropa.Kepala Dinas Kehutanan Prov

  • 12 bulan lalu

    TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin Siapkan Data

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah menyiapkan data-data berbasis form C1 guna menangkal gugatan permohonan sengketa hasil Pemilu 2019 dari pihak 02 ke

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99