Selasa, 26 Mei 2020

Joko Widodo Groundbreaking Pengembangan Pelabuhan Sibolga

Sabtu, 20 Agu 2016 14:59
BAGIKAN:
istimewa
Presiden RI Joko Widodo meresmikan pengembangan Pelabuhan Sibolga.

SIBOLGA (EKSPOSnews):Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan ground breaking pengembangan Pelabuhan Sibolga ini pada Sabtu, 20 Agustus 2016.

PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 Medan berupaya mengembangkan Pelabuhan Cabang Sibolga untuk merealisasikan program tol laut.

Presiden Jokowi melakukan secara simbolis pemancangan tiang pembangunan  dan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini. Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Widodo dan rombongan, mengatakan bahwa sangat antusias dan optimis terhadap pengembangan pelabuhan Sibolga dalam mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia dan tentu saja meningkatkan perekonomian di sekitarnya.

Pembangunan Pelabuhan Sibolga  sendiri akan terdiri dari beberapa tahap yang akan dimulai dari tahun 2016 sampai dengan 2017, dimana untuk tahap awal Pelabuhan Sibolga akan dibangun terminal penumpang seluas 500 m2, pemotongan Bukit Herek guna perluasan lapangan penumpukan petikemas, dan perkuatan dermaga, trestle & breasting dolpin. Tahap kedua, akan dilakukan perpanjangan dermaga ferry sepanjang 40 m, pembangunan Breasting Dolpin sebanyak 7 unit, pengadaan alat bongkar muat (fix crane), penataan perkantoran & lingkungan, pembangunan dermaga Multi Purpose, trestle dan terminal petikemas kapasitas 60.000 Teus. Tahap ketiga yaitu pembangunan jetty curah cair dan tank storage kapasitas total 12.000 m3, pengerukan seluas 20.000 m2 dan pengadaan reachstaker.

Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana mengatakan bahwa proyek ini untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian Sumatera Utara khususnya dan Indonesia bagian Barat. Untuk itu Pelindo 1 membutuhkan dukungan untuk pembangungan pelabuhan ini, seperti penetapan Pelabuhan Sibolga sebagai pelabuhan pengumpul di wilayah barat Sumatera, sehingga dibutuhkan dukungan untuk penyediaan jalur pelayaran dan komoditas unggulannya, dan penyediaan serta pengembangan jaringan infrastruktur jalan untuk konektivitas dari pelabuhan ke sentra-sentra produksi/industri dan hasil tambang.

“Pantai Barat Sumatera Utara ini harus kita kembangkan infrastruktur pelabuhannya dan itu akan langsung kita bangun dan kembangkan termasuk salah satunya penyeberangan roro dan penumpang, jelas ini akan menjadi gateway dari Sibolga menuju Nias karena disana potensi wisatanya sangat baik dan kita targetkan nantinya cruise (kapal pesiar) bisa masuk ke Sibolga,” ujar Bambang.

Sebelumnya, pada 27 Januari 2015 Presiden Jokowi juga meresmikan Groundbreaking Pelabuhan Kuala Tanjung Hub Port Indonesia bagian barat  yang juga merupakan cabang pelabuhan milik Pelindo 1. Pelindo 1 berkomitmen untuk menata dan mengembangkan pelabuhan –pelabuhan di wilayah kerjanya yang tersebar di 4 (empat) provinsi, meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau dengan berbagai program strategis perusahaan. Hal ini dilakukan dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan konektivitas nasional dan meningkatkan daya saing logistik  nasional. (ril)


  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Gandeng Mitsubishi

    JAKARTA (EKSPOSnews):Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung bekerja sama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK)

  • 12 bulan lalu

    Ketika Pemilik Warung yang Dijarah Massa Ketemu Presiden

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ismail (68), pemilik warung kopi dan mie rebus di Perempatan Sabang, Jakarta Pusat, yang menjadi korban penjarahan saat aksi ricuh 22 Mei, mengaku tak menyangka bisa bertemu Pres

  • tahun lalu

    Ribuan Hektare Lahan PTPN V Dikembalikan kepada Masyarakat

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktur Relawan Tim Kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Provinsi Riau Sahrin mengapresiasi keputusan Presiden mengembalikan lahan sawit seluas 2.800 hektare yang selama ini dikua

  • tahun lalu

    Pengembangan Pesawat N219 Dorong Industri Lokal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan pengembangan pesawat N219 makin mendorong industri dalam negeri untuk memasok komponen-komponen pembuatan pesawat."P

  • tahun lalu

    Pengembangan Otak Anak Stunting Tak Bisa Pulih

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor menyebutkan perkembangan otak anak yang mengalami stunting atau kekerdilan tidak akan bisa pulih atau diperbaiki dengan asupan gizi setela

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99